Cara memformat flash drive USB (FAT32, exFAT, NTFS)

Selamat siang!

Cukup sering, ketika bekerja di depan komputer (laptop), Anda harus berurusan dengan pengoperasian disk format , flash drive, dan drive lainnya.

Misalnya, untuk menghapus semua data dari mereka, jika terjadi berbagai kegagalan dan kesalahan, untuk mengubah sistem file, dll. Artikel ini akan fokus pada flash drive ...

Saya harus mencatat bahwa jauh dari selalu mungkin untuk memformat flash drive tanpa masalah dengan cara pertama yang muncul. Itulah sebabnya saya memutuskan untuk membuat sketsa catatan dengan beberapa opsi pemformatan (menurut saya ini akan berguna bagi semua orang yang tidak dapat melakukan operasi ini, atau yang tidak dapat memutuskan sistem file dengan cara apa pun).

Begitu...

? Suplemen!

Jika, saat memformat atau saat mencoba menyalin file ke flash drive USB, Anda melihat kesalahan bahwa drive dilindungi dari penulisan, saya sarankan Anda membiasakan diri dengan materi ini.

Penting!

Pemformatan akan menghancurkan semua data di drive. Jika drive flash USB memiliki file yang diperlukan - salin terlebih dahulu ke media yang sangat baik (buat cadangan).

*

Cara untuk memformat flash drive

Tentang pemilihan sistem file dan ukuran cluster

Saat memformat drive (menggunakan salah satu metode), Anda harus menentukan sistem file , ukuran cluster, dan nama volume. Dan jika Anda menentukan namanya tidak menimbulkan kesulitan, maka dengan selebihnya, banyak yang bertanya ... ?

Secara umum, sistem file berikut paling umum digunakan saat ini:

  • ? FAT32  adalah sistem file tertua yang didukung oleh hampir semua perangkat (bahkan berbagai konsol game!). Kebanyakan flash drive diformat dengan sistem file ini secara default. Ini memiliki satu kekurangan yang signifikan: tidak dapat merekam file yang lebih besar dari 4 GB!
  • ? NTFS  adalah sistem file yang lebih modern yang didukung oleh Windows XP dan yang lebih tinggi (di Mac OS X bersifat read-only, di Linux ada distribusi yang mendukung read-only, ada yang menulis dan membaca). Ukuran file tidak terbatas.

    Untuk berbagai konsol dan perangkat, NTFS tidak didukung oleh semua (misalnya, Xbox 360 atau Sony Play Station tidak mendukungnya). Secara umum, NTFS lebih cocok untuk disk (daripada untuk flash drive) yang akan digunakan di Windows.

  • ? exFAT (atau FAT64) adalah sistem file yang dirancang khusus untuk flash drive. Mendukung file yang lebih besar dari 4GB, ukuran partisi disk tidak terbatas.

    Omong-omong, exFAT memiliki satu keunggulan utama: exFAT lebih jarang menimpa sektor yang sama selama operasi, yang memengaruhi masa pakai drive (yaitu flash drive dengan exFAT harus bekerja lebih lama daripada dengan NTFS). Itulah sebabnya, untuk flash drive, lebih disukai menggunakan exFAT daripada NTFS.

*

? Kesimpulan

Jika Anda menginginkan kompatibilitas maksimum dan berencana untuk menyambungkan flash drive USB ke konsol atau PC lama, pilih FAT32 (meskipun Anda akan dibatasi oleh ukuran file 4 GB).

Dalam kasus lain, lebih disukai untuk memilih exFAT (namun, saya perhatikan bahwa beberapa TV, misalnya, tidak dapat membaca sistem file ini dan untuk mereka Anda harus memilih NTFS).

*

Bagaimana dengan ukuran cluster (atau disebut juga dengan distribution unit)

Parameter ini bertanggung jawab atas seberapa banyak flash drive akan mengalokasikan ruang untuk satu file. Misalnya, jika ukuran cluster standar adalah 64 KB, dan file Anda beratnya 50 KB, maka itu akan memakan 64 KB ruang pada flash drive!

Jika Anda akan menyimpan banyak file kecil di USB flash drive, pilih ukuran cluster minimum. Namun, dalam kasus ini, kecepatan drive akan lebih rendah!

Sebagian besar pengguna, menurut saya, dapat mengabaikan pengaturan ini, optimal untuk membiarkan nilai default .

*

Metode nomor 1 - melalui "Komputer ini" (penjelajah)

  1. Kami menghubungkan USB flash drive ke port USB komputer / laptop;

    Kami menghubungkan flash drive ke port USB

  2. Kami masuk ke explorer (kombinasi tombol Win + E) dan membuka "Komputer ini" di menu di sebelah kiri. Anda harus melihat drive Anda di daftar perangkat. Jika tidak, lanjutkan ke metode pemformatan berikutnya.

    Komputer ini - stik USB terhubung

  3. Selanjutnya, klik kanan pada USB flash drive dan pilih "Format ..." di menu yang muncul (lihat gambar di bawah ?);

    Format flash drive

  4. Setelah itu, sebuah jendela akan muncul di mana Anda perlu memilih sistem file dan menentukan unit distribusi (ukuran cluster). Tentang apa dan dalam kasus apa yang harus dipilih - saya berbicara sedikit lebih tinggi dalam artikel. Omong-omong, Windows akan memperingatkan Anda bahwa pemformatan akan menghancurkan semua data di media.

    Memilih sistem file dan unit distribusi

  5. Sebenarnya, setelah itu Anda akan mendapatkan flash drive USB yang bersih tempat Anda dapat mentransfer file yang diperlukan ...

    Flash drive kosong ...

*

Metode nomor 2 - melalui manajemen disk

Tidak selalu dan tidak semua media terlihat di "This Computer / My Computer". Ini mungkin karena konflik huruf drive, jika flash drive tidak diformat sama sekali, jika terjadi kegagalan sistem file, dan dalam sejumlah kasus lainnya.

Biasanya, jika Anda tidak melihatnya di Komputer Saya  , Anda tidak akan dapat memformatnya dengan cara ini ...

Namun, Windows memiliki alat khusus - manajemen disk  . Ini menampilkan semua drive yang terhubung ke sistem (bahkan yang memiliki masalah).

Cara universal untuk membuka ? Manajemen Disk  :

  1. tekan kombinasi tombol Win + R (jendela "Run" akan muncul di sudut layar);
  2. lalu masukkan perintah diskmgmt.msc dan tekan Enter.

*

Anda juga dapat membuka Manajemen Disk dengan membuka ? Panel Kontrol Windows dan menggunakan pencarian.

*

Semua disk, flash drive, dan media lain yang dilihat komputer Anda akan disajikan dalam manajemen disk. Cukup pilih drive yang diperlukan dari daftar, klik kanan padanya dan pilih "Format ..." dari menu .

Manajemen Disk - Format Drive

Selanjutnya, jendela klasik akan muncul dengan masukan dari label volume, ukuran cluster dan sistem file. Tentukan parameter yang diperlukan dan klik OK. Sebenarnya tugas sudah selesai ...

Label volume, sistem file, ukuran cluster

*

Metode nomor 3 - melalui baris perintah

Dalam beberapa kasus, misalnya, ketika explorer berhenti atau kesalahan "gagal untuk menyelesaikan pemformatan" muncul  , Anda harus menggunakan baris perintah ? (catatan: Anda juga dapat memformat drive dengannya).

*

Penting! Hati-hati, lakukan semua tindakan selangkah demi selangkah, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

*

Saya akan menunjukkan semuanya dengan contoh pribadi.

Pertama, Anda perlu menjalankan ? baris perintah sebagai administrator.

Untuk melakukan ini, buka task manager (tombol pintas Ctrl + Alt + Del atau Ctrl + Shift + Esc), lalu klik "File / tugas baru" dan masukkan perintah CMD , jangan lupa centang kotak "Buat tugas dengan hak administrator" (seperti pada contoh di bawah ?).

Menjalankan CMD dengan hak administrator

Selanjutnya, jendela baris perintah "hitam" akan terbuka. Saya akan menuliskan semua perintah secara berurutan (lihat layar penjelasan di bawah ?):

  1. pertama-tama Anda perlu mencari tahu huruf flash drive (jika Anda belum menghubungkan flash drive ke port USB - colokkan!). Untuk melakukan ini, masukkan perintah diskpart dan tekan Enter.
  2. kemudian masukkan perintah volume daftar dan tekan Enter (perhatikan bahwa dalam daftar drive Anda akan melihat huruf flash drive Anda! Dalam kasus saya, huruf "E" disorot dengan warna kuning);
  3. kemudian, untuk menutup diskpart, ketik exit dan tekan Enter;
  4. untuk memformat, gunakan format perintah E: / FS: exFAT / Q / V: fleska (dengan "E" adalah huruf flash drive Anda; FS: exFAT adalah sistem file (untuk NTFS - masukkan FS: NTFS); V: fleska adalah nama flash drive, bisa apa saja (misalnya, V: mydisk).

Bekerja di baris perintah

Sebenarnya, setelah memasukkan perintah terakhir, proses pemformatan harus dimulai. Hanya berhati-hatilah untuk tidak membingungkan huruf drive - operasi banyak baris perintah tidak memerlukan konfirmasi! ?

*

Metode nomor 4 - menggunakan pemformatan "level rendah"

Ada satu utilitas universal yang dapat memformat drive, terlepas dari kesalahan Explorer dan Windows (bekerja langsung dengan perangkat *). Kita berbicara tentang  Alat Format Tingkat Rendah LLF HDD (tautan ? ke situs web pengembang).

Utilitas ini cocok untuk bekerja dengan USB-flash drive biasa dan SD-card, drive eksternal, dll.

Saya memiliki tangkapan layar di bawah ini (?) menunjukkan bagaimana Anda dapat memformat drive di dalamnya. Untuk flash drive Anda - Anda harus melakukan hal yang sama.

Pemformatan level rendah dari flash drive di HDD LLF Alat Format Level Rendah

Poin penting: setelah pemformatan "tingkat rendah" seperti itu, Anda perlu melakukan pemformatan tingkat tinggi (misalnya, seperti dalam metode 1, 2).

*

Metode nomor 5 - menggunakan utilitas khusus (firmware flash drive)

Jika semua metode lain tidak berhasil, kemungkinan besar ada yang salah dengan flash drive Anda: sistem file crash (misalnya, mungkin ditandai sebagai RAW); infeksi virus yang memblokir pekerjaan dengan drive, dan sebagainya.

Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan utilitas khusus (yang disebut flash drive berkedip). Selain itu, saya ingin mencatat bahwa dalam banyak kasus, untuk setiap model flash drive, Anda memerlukan utilitasnya sendiri (menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat merusaknya secara permanen)!

Di bawah ini adalah beberapa tautan ke artikel saya, mereka akan membantu Anda menyelesaikan operasi ini!

? Tolong!

1) Artikel ini akan memberi tahu Anda cara menemukan utilitas khusus dan memformat flash drive yang bahkan setengah mati (yang tidak terlihat dan macet saat mengaksesnya).

2) Beberapa tip lagi tentang apa yang harus dilakukan jika flash drive tidak diformat diberikan dalam artikel ini.

*

Suplemen tentang topik - akan berguna!

Sekian untuk saat ini, yang terbaik!

?

Pertama kali diterbitkan: 03/14/2018

Koreksi: 09/29/2020