Cara memasukkan kata sandi pada folder, file atau USB flash drive. Kata sandi semuanya!

Pertanyaan pengguna

Halo.

Beri tahu saya cara melindungi kata sandi folder tempat saya menyimpan dokumen. Foldernya ada di USB flash drive, tetapi Anda harus membawanya dan menghubungkannya ke PC dan laptop yang berbeda. Saya tidak ingin siapa pun melihat atau menyalinnya ke diri mereka sendiri.

Tambahan kecil: kata sandi harus diletakkan di folder, dan bukan di USB flash drive itu sendiri. Itu. untuk melihat folder tertentu - masukkan kata sandi, dan yang lainnya gratis dan terbuka untuk dilihat. Terima kasih sebelumnya!

Selamat siang!

Tugasnya cukup layak, di bawah ini saya akan memberikan beberapa opsi tentang cara meletakkan kata sandi pada file Anda (dan berdasarkan pro / kontra dari setiap metode, Anda dapat memilih opsi terbaik untuk diri Anda sendiri). ?

Sebentar!

Beberapa pengguna (terutama pemula) menetapkan kata sandi untuk semuanya: film, musik, game, dll. Biasanya, semua file media yang baru saja Anda unduh dari jaringan ini tidak menarik bagi siapa pun (kecuali Anda), dan hampir tidak masuk akal untuk melindunginya. (kecuali jika Anda ingin seseorang tahu bahwa Anda tertarik padanya).

Pada saat yang sama, kita harus mengamati betapa liciknya mereka memperlakukan password, data pribadi, scan paspor, NPWP, dll. Pertama-tama, dokumen-dokumen ini perlu dilindungi!

? Tolong! 

Omong-omong, saya juga merekomendasikan untuk melindungi ponsel Anda. Pada tautan berikut, Anda akan belajar cara memasang kata sandi (pola) pada ponsel Android.

*

Kami memasukkan kata sandi

Per file (dokumen, notepad)

Cara termudah, tercepat, dan paling efektif untuk memasukkan kata sandi pada folder dan file Anda adalah dengan mengirimkannya ke arsip yang dilindungi kata sandi (dan terenkripsi). Saat Anda perlu mendapatkan akses ke file dan folder di dalam arsip, Anda perlu memasukkan kata sandi untuk akses, dan menggunakannya dengan aman.

Dari pro: dengan cara ini Anda dapat melindungi file apa pun: dokumen Word / Excel, gambar, file teks (buku catatan), pindaian, dll. Ada juga pengarsip di PC / laptop mana pun, yang berarti Anda dapat membuka file di komputer mana pun!

Namun demikian, kerugiannya: jika Anda lupa kata sandi, maka sangat sulit untuk membuka arsip seperti itu (dalam beberapa kasus tidak mungkin); tidak nyaman bekerja dengan file besar (misalnya, folder video).

Di bawah ini saya akan mempertimbangkan cara membuat arsip terenkripsi di pengarsip 7-Zip dan WinRAR yang populer.

? Tolong!

WinRAR analogs: archivers gratis untuk Windows - program yang paling nyaman

7-Zip

Situs: //7-zip.org.ua/ru/

Pengarsip yang sangat populer yang memungkinkan Anda untuk mengompres file yang lebih kuat dari pesaingnya: WinRAR, WinZIP, dll. Pengarsip itu gratis, nyaman, dan minimalis (tidak ada yang berlebihan). Secara umum, itu berhak menempati posisi terdepan ...

Setelah menginstalnya, di explorer Anda akan melihat menu dengan nama yang sama: 7-Zip. Sekarang, untuk membuat arsip, Anda hanya perlu klik kanan pada file atau folder yang diinginkan dan pilih "Add to archive ..." dari menu yang muncul (lihat gambar di bawah).

Tambahkan ke arsip // 7-Zip

Lalu ada sejumlah parameter penting yang perlu disetel dengan benar. Saya menandainya dengan angka pada gambar di bawah dan sekarang saya akan menjelaskan lebih detail:

  1. (1) - Anda perlu menentukan nama arsip Anda dan lokasi penyimpanannya. Secara umum, nama arsip bisa apa saja, dan nanti bisa diganti namanya, seperti file biasa;
  2. (2) - format arsip. Kompresi terbaik disediakan oleh format 7-Zip, yang saya sarankan untuk dipilih;
  3. (3) - SFX-archive - self-extracting archive. Artinya, jika Anda mencentang kotak di sebelah item ini, file EXE akan dibuat (seperti program normal), dengan menjalankannya, Anda dapat mengekstrak file tanpa menggunakan pengarsip (hal yang berguna untuk mengekstrak file di komputer mana pun, bahkan , di mana tidak ada pemanah sama sekali);
  4. (4) memasukkan kata sandi - kata sandi bisa apa saja, di sini pengarsip tidak mengatur batasan apa pun. Namun, ingatlah bahwa password seperti "12345", "God", "Love", dll. Yang terkait dengan nama dan tanggal lahir Anda sangat mudah diretas! Instal sesuatu yang lebih andal (disarankan 6-10 karakter, dengan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus);
  5.  (5) pilihan metode enkripsi - Saya sarankan untuk membiarkan AES-256 default, dan juga mencentang kotak "Enkripsi nama file". Berkat ini, file Anda di arsip tidak hanya tidak dapat dibuka, tetapi bahkan Anda bahkan tidak dapat melihat nama file apa yang disembunyikan di arsip!
  6. (6) - mulai pengarsipan.

Buat arsip // 7-Zip

Setelah arsip dibuat, Anda dapat mencoba membukanya. Untuk tindakan ini, setiap pengarsip (bahkan 7-Zip) akan meminta Anda memasukkan kata sandi untuk dekripsi. Jika Anda tidak mengetahuinya atau melupakannya, maka file Anda akan tetap tidak dapat diakses!

Mencoba membuka arsip yang dilindungi kata sandi

WinRAR

Situs web: //www.win-rar.com/start.html

Salah satu pemanah paling terkenal yang memberikan rasio kompresi yang baik. Memungkinkan Anda membuka dan mengekstrak file dari semua format arsip terpopuler: ZIP, RAR, ACE, TAR, GZIP, dll.

Untuk membuat arsip di WinRAR, cukup klik kanan pada file / folder dan pilih "WinRAR / Add to Archive" di menu explorer yang muncul (catatan: tambahkan ke arsip).

WinRAR - Tambah Arsip ... (Buat arsip)

Selanjutnya perlu:

  1. (1) - atur nama untuk arsip (Nama arsip), bisa apa saja;
  2. (2) - pilih format arsip (disarankan RAR);
  3. (3) - pilih opsi "Set Password" untuk mengenkripsi arsip.

Pengaturan dasar saat membuat arsip di WinRAR

Kemudian tentukan sandi itu sendiri (baris "Masukkan sandi" , yaitu memasukkan sandi) dan sangat diinginkan untuk memeriksa baris "Enkripsi nama file" (yaitu, mengenkripsi nama file).

Masukan kata sandi - WinRAR

Kemudian Anda dapat mulai mengarsipkan. Secara umum, arsip yang dilindungi kata sandi sudah siap - Anda dapat menggunakannya ...

Perlindungan kata sandi untuk dokumen Word / Excel, dll.

Dokumen yang dibuat di Microsoft Office dapat dienkripsi dengan cara standar, tanpa program tambahan. Sangat nyaman bila Anda sering perlu bekerja dengan dokumen terenkripsi. Ngomong-ngomong, gambar juga bisa ditempatkan di dokumen seperti itu ...

Untuk mengatur kata sandi: buka menu FILE / INFORMASI . Kemudian klik pada fungsi "Perlindungan Dokumen" dan pilih yang Anda inginkan: enkripsi menggunakan kata sandi (selain itu, dokumen tersebut dapat, misalnya, dilarang untuk diedit, dibatasi aksesnya, dll.).

File / Info // Microsoft Word

Harap dicatat bahwa kata sandi yang dimasukkan (jika Anda lupa atau kehilangannya) hampir tidak mungkin untuk dipulihkan! Omong-omong, kantor itu sendiri diperingatkan tentang hal ini saat ditugaskan.

Enkripsi dokumen

Setelah dokumen diproteksi, masuk ke bagian "DETAILS" , Anda akan melihat bahwa kunci dengan ikon gembok muncul, dan catatan tertulis bahwa kata sandi diperlukan untuk membuka file. Sebenarnya, itu saja, dokumennya dilindungi!

Dokumen dilindungi kata sandi // Microsoft Word

*

Ke folder / direktori

Tidak selalu mudah untuk mengatur kata sandi untuk file tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki katalog dengan gambar, foto pribadi yang sering Anda kerjakan (edit yang lama, unggah yang baru, dll.), Dan Anda tidak ingin orang lain melihatnya tanpa izin Anda.

Dalam hal ini, tidak mudah membuat arsip setiap saat, dan Anda harus menggunakan alat lain. Tentang mereka di bawah ...

Folder Terproteksi

Situs web: //ru.iobit.com/password-protected-folder.php

Folder Terproteksi - tangkapan layar dari jendela utama

Utilitas yang sangat berguna untuk melindungi dan menyembunyikan file dan folder Anda dari pihak luar. Untuk melindungi folder dengan kata sandi, Anda hanya perlu memindahkannya ke jendela (di "aman") - dan semua yang ada di dalamnya akan dilindungi oleh kata sandi Anda.

Keuntungan:

  1. memungkinkan Anda untuk melindungi informasi pribadi dan penting dari pencurian oleh program;
  2. ada beberapa tingkat perlindungan;
  3. sangat nyaman digunakan: cukup seret dan lepas folder - dan folder tersebut terlindungi!
  4. sepenuhnya dalam bahasa Rusia;
  5. kompatibel dengan Windows 7/8 / 8.1 / 10 (32/64 bits).

Folder Segel Anvide

Situs web: //anvidelabs.org/programms/asf/

Program yang sangat sederhana dan pada saat yang sama dapat diandalkan untuk melindungi enkripsi dan perlindungan kata sandi dari folder apa pun: apakah folder itu ada di hard disk, flash drive, atau media yang dapat dilepas lainnya.

Omong-omong, setiap folder dapat dilindungi dengan kata sandinya sendiri-sendiri. Program ini sepenuhnya diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia, didukung oleh semua versi Windows yang populer.

Keuntungan:

  1. tidak perlu membuatnya terus berjalan;
  2. tidak menginstal spesial apapun. driver ke sistem;
  3. antarmuka yang sederhana dan intuitif - bahkan pengguna PC pemula pun akan mengerti;
  4. ada kunci panas;
  5. program ini kompak dan tidak memakan banyak ruang disk;
  6. gratis untuk digunakan di rumah.

Saya akan menunjukkan dengan contoh bagaimana Anda dapat dengan mudah mengenkripsi dan menutup folder Anda dari pengintip. Instal dan jalankan program. Kemudian tambahkan folder (Anda dapat menggunakan kunci Ins).

Tambahkan folder

Kemudian klik ikon gembok (atau tombol F5) - program akan meminta kata sandi dan mengunci folder.

Tutup akses ke folder

Sekarang, meskipun Anda menutup atau menghapus program, folder Anda akan tetap tidak dapat diakses (upaya untuk memasukkannya (jika Anda ingat nama dan alamatnya) akan berakhir dengan kesalahan, seperti pada gambar di bawah).

Ngomong-ngomong, folder tersebut tidak terlihat bahkan jika Anda boot ke Safe Mode. Secara umum, ini disembunyikan dengan aman!

Folder tidak tersedia

Untuk mendekripsi folder dan file di dalamnya, Anda perlu menjalankan utilitas lagi, klik ikon dengan kunci terbuka dan masukkan kata sandi.

*

Di stik USB

Metode nomor 1

Cara termudah untuk memasukkan kata sandi di seluruh flash drive (atau disk) adalah dengan menggunakan fitur yang sudah ada di Windows - BitLocker. Memungkinkan Anda dengan andal dan cepat melindungi informasi pada flash-drive USB

Catatan! Enkripsi BitLocker tidak tersedia di semua versi Windows. Jika Anda memiliki Windows 7 Ultimate atau Enterprise, Windows 8 / 8.1 / 10 - kemungkinan besar Anda harus memilikinya.

Untuk melindungi flash drive USB dengan cara ini - sambungkan ke port USB, buka "My Computer" (atau "This Computer") dan klik kanan padanya, pilih "Turn on BitLocker" di menu yang muncul . Kemudian ikuti instruksi dari wizard untuk mengatur kata sandi.

Aktifkan BitLocker

Ketika kata sandi ditetapkan, coba lepaskan flash drive USB dari port USB, dan kemudian sambungkan kembali - Anda akan melihat bahwa akses ke sana ditutup (dan ikonnya telah menjadi dengan kunci tertutup). Sampai Anda memasukkan kata sandi untuk membuka kunci, informasi tentang operator dilindungi dengan andal!

Buka kunci disk / flash drive

Metode nomor 2

Pengaman USB

Situs web: //www.usbsafeguard.com/download.html

Utilitas yang sangat sederhana dan nyaman untuk melindungi flash drive (berfungsi di semua versi Windows). Yang Anda butuhkan untuk melindungi drive flash USB adalah mengunduh utilitas dan menyalinnya ke drive USB (lihat layar di bawah).

Tindakan nomor 1 - menyalin file program ke USB flash drive

Selanjutnya, dia akan menawarkan untuk memformat media (Penting! Pertama salin semuanya di USB flash drive ke folder terpisah di hard drive Anda) - kami setuju.

Kemudian Anda dapat mengatur kata sandi.

Tindakan nomor 2 - meluncurkan utilitas dari flash drive, memformatnya dan memasukkan kata sandi

SEMUA! Sekarang, ketika Anda mencolokkan USB flash drive, itu akan tampak kosong (hanya file program Safeguard USB yang akan terlihat di dalamnya).

Untuk melihat file di dalamnya, Anda harus menjalankan file ini dan memasukkan kata sandi yang benar. Jika Anda melakukan ini, maka disk Z akan muncul , dengan ukuran yang sama dengan flash drive Anda - dengan itu Anda perlu bekerja (dan di sanalah semua file Anda yang ditambahkan untuk enkripsi akan ditemukan).

Secara umum, semuanya sederhana, nyaman dan mudah dikerjakan!

Analog dari utilitas serupa: Rohos Mini Drive.

*

? TAMBAHAN

Anda juga dapat membuat disk terenkripsi virtual (seperti gambar) untuk menghubungkan dan melihat yang mana, Anda harus memasukkan kata sandi yang benar. Teknologi ini membuat file Anda seaman mungkin dari pihak luar. Selain itu, tentu saja semua jenis file dapat disimpan di disk semacam itu.

Contoh program: TrueCrypt, CyberSafe, Rohos Disk, dll.

? Tolong!

1) Cara membuat hard disk virtual, mengenkripsinya, dan mengatur koneksi otomatis setelah Windows dimulai ulang.

2) Cara menyembunyikan partisi disk (dan data di dalamnya tidak akan terlihat! ?).

*

PS: jangan lupa password! Jika tidak, buat file menjadi sangat aman sehingga Anda bahkan tidak dapat melihatnya sendiri ...

Semoga berhasil!

?

Publikasi pertama: 17.10.2017

Koreksi: 01/30/2020