Cara menghubungkan dan mengonfigurasi joystick di komputer (USB dan model nirkabel), dan apa yang harus dilakukan jika game tidak melihatnya

Selamat siang!

Mengontrol dengan keyboard di beberapa game sangat merepotkan. Dan, tentu saja, joystick memungkinkan Anda tidak hanya untuk meningkatkan kontrol atas karakter, tetapi juga membuat alur game lebih menyenangkan ...

Pada artikel ini saya akan mempertimbangkan pertanyaan yang tampaknya sederhana seperti menghubungkan joystick ke PC (laptop). Secara umum, biasanya, setelah menghubungkan joystick ke port USB (misalnya) - Windows secara otomatis menginstal driver dan mengkonfigurasi semuanya (Anda hanya perlu memulai permainan dan menyesuaikan kontrol).

Namun, dalam beberapa kasus ini mungkin tidak terjadi dan Windows (atau game) tidak akan melihat gamepad Anda. Lebih detail tentang apa yang harus dilakukan dan dalam urutan apa - saya akan berikan di bawah ...

Ngomong-ngomong!

Game untuk laptop dan PC yang lemah - //ocomp.info/igryi-na-slabyi-noutbuk.html

*

Koneksi dan konfigurasi joystick

LANGKAH 1: koneksi, instalasi driver

Jadi, jika Anda memiliki joystick USB, maka setelah menyalakan komputer (laptop), Anda hanya perlu menghubungkannya ke port dan menunggu 5-10 detik. sampai Windows menginstal driver di atasnya (tentu saja, kita berbicara tentang Windows 8/10 modern, yang melakukan ini secara langsung dan otomatis).

Joystick terhubung

Jika Anda membeli joystick nirkabel, maka pertama Anda perlu memasang baterai di dalamnya. Harap dicatat bahwa pabrikan sering "menyembunyikan" adaptor kecil untuk port USB di kompartemennya (agar tidak hilang selama transportasi).

Catatan: jika joystick Anda berfungsi pada protokol Bluetooth, mungkin tidak ada adaptor yang disertakan dengannya.

Joystick (tampilan belakang)

Setelah memasang baterai dan menyalakan joystick (pada beberapa model terdapat tombol ON / OFF yang terlihat untuk makanan), LED di atasnya akan mulai berkedip (kebanyakan model nirkabel dilengkapi dengan itu).

Baterai terpasang

Tombol ON / OFF yang bijaksana

Ingatlah untuk mencolokkan adaptor ke port USB.

Ingatlah untuk menghubungkan adaptor

Jika Anda memiliki joystick Bluetooth (tanpa adaptor USB terpisah), cukup klik ikon Bluetooth di baki Windows dan tambahkan perangkat baru (memasangkan joystick dengan komputer secara harfiah adalah 2-klik). Lihat contoh di bawah ini.

Ngomong-ngomong! Jika Anda tidak memiliki ikon Bluetooth di baki, maka - //ocomp.info/propal-znachok-bluetooth.html

Menambahkan perangkat Bluetooth

Selanjutnya   (terlepas dari model joystick Anda), saya sarankan Anda membuka panel kontrol Windows di bagian:

Panel Kontrol \ Perangkat Keras dan Suara \ Perangkat dan Pencetak

Jika Windows dapat menemukan driver dan tidak ada masalah dengan joystick, Anda akan melihatnya di sini (lihat gambar di bawah).

Joystick USB

Secara umum, setelah itu, Anda dapat memulai permainan dan menguji pengoperasian perangkat ... ✌

FIFA

Jika driver tidak diinstal secara otomatis, perhatikan paket joystick. Kebanyakan model non-standar dilengkapi dengan CD (flash drive) dengan driver yang diperlukan.

CD dengan driver

Jika tidak ada disk seperti itu, coba buka pengelola perangkat dan buka tab "Perangkat lain" (catatan: ini menampilkan semua perangkat yang tidak memiliki driver). Setelah itu, pilih perangkat dengan tanda seru (seperti pada gambar di bawah), klik kanan padanya dan pilih "Perbarui driver" di menu yang muncul . Kemudian ikuti instruksi dari wizard ...

Perangkat lain - perbarui driver

Jika Anda tidak berhasil memperbarui driver menggunakan metode ini, saya sarankan untuk mencoba yang khusus. Utilitas Penguat Driver. Ini akan secara otomatis mendeteksi model gamepad Anda, dan kemudian menawarkan untuk mengunduh dan menginstal driver untuknya. Selain itu, utilitas ini akan memeriksa keberadaan semua perpustakaan di sistem yang dibutuhkan game (Visual C ++, DirectX, dan lainnya).

Driver Booster memperbarui semua pustaka yang diperlukan untuk game selain driver

Untuk membantu!

Cara menemukan driver untuk perangkat "apa saja" dengan kode ID-nya (ID, VEN / VID, DEV / PID) - //ocomp.info/kak-nayti-drayver-po-kodu-oborudovaniya-vid-pid.html

LANGKAH 2: periksa dan kalibrasi

Jika joystick berperilaku mencurigakan (misalnya, beberapa tombol tidak berfungsi atau game tidak melihatnya) - sebagai permulaan, saya akan merekomendasikan untuk memeriksa apakah Windows dapat melihatnya, apakah ia mengenali klik apa pun.

Untuk melakukan ini, Anda harus pergi ke panel kontrol, masukkan "joystick" di kotak pencarian dan ikuti tautan "Menyiapkan pengontrol permainan USB" (Anda juga dapat menggunakan bagian  Panel Kontrol \ Perangkat Keras dan Suara \ Perangkat dan Printer).

Cara alternatif: tekan Win + R dan gunakan perintah  joy.cpl

Mengonfigurasi Pengontrol Game USB

Selanjutnya, perhatikan apakah joystick Anda terlihat, apakah tanda "OK" menyala di seberangnya (contoh di bawah). Jika demikian, buka properti joystick.

Properti joystick

Di tab "Periksa", Anda dapat menguji pengoperasian setiap tombol (saat Anda menekan tombol pada gamepad, Anda akan melihat tombol yang sesuai menyala di jendela Windows). Jika ini tidak terjadi, kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. kerusakan fisik pada tombol;
  2. baterai mati (untuk gamepad nirkabel);
  3. kurangnya driver asli (driver standar yang dipilih tidak mengenali pengoperasian perangkat dengan benar);
  4. perangkat tidak dikalibrasi (Windows tidak bekerja dengan benar secara default).

Memeriksa

Adapun kalibrasi: fungsi ini ada di tab parameter (properti joystick). Setelah diluncurkan, penawaran spesial akan mulai berfungsi. seorang penyihir yang meminta Anda untuk menekan tombol beberapa kali ... Seringkali, setelah kalibrasi, joystick mulai bekerja seperti yang diharapkan.

Menyesuaikan

Contoh kalibrasi (langkah pertama setelah memulai wizard)

LANGKAH 3: apa yang harus dilakukan jika permainan tidak melihat joystick

Tentu saja, kita berbicara tentang kasus-kasus ketika komputer melihat joystick, Windows memungkinkannya untuk dikalibrasi dan ketika memeriksa semua tombol berfungsi (lihat sedikit di atas), tetapi gim itu sendiri tidak tahu tentang keberadaannya (untuk beberapa alasan ...) ... Ngomong-ngomong, ini sering terjadi pada game lama yang hanya melihat keyboard.

Jika Anda dihadapkan pada sesuatu yang serupa, maka Anda dapat menyelesaikan masalah dengan bantuan spesial. utilitas (semacam emulator pers keyboard). Secara pribadi, saya akan merekomendasikan menggunakan  JoyToKey (memiliki analog AutoHotkey dan Xpadder, tetapi tidak stabil pada Windows 10).

JoyToKey

Situs web: //joytokey.ru.uptodown.com/windows

Sebuah aplikasi gratis kecil yang memungkinkan Anda untuk meniru penekanan tombol keyboard menggunakan joystick. Semua pengaturan JoyToKey turun untuk menentukan tombol joystick mana yang akan bertanggung jawab untuk tombol keyboard tertentu.

Saya juga tidak bisa tidak mencatat bahwa aplikasi memungkinkan Anda membuat profil Anda sendiri untuk setiap game tertentu. Itu. dengan JoyToKey Anda dapat memainkan game apa pun di joystick yang dapat dimainkan di keyboard.

Banyak pengguna pemula tidak dapat langsung memahami cara kerja JoyToKey (selain itu, dalam bahasa Inggris). Saya akan menunjukkan kepada Anda dengan contoh saya.

Jadi, setelah mengunduh arsip dengan aplikasi, cukup ekstrak semua file ke folder terpisah dan jalankan file yang dapat dieksekusi  JoyToKey.exe   (sebagai administrator). Selanjutnya, buka bagian "Opsi" dan klik "Konfigurasi" .

Konfigurasi

Lalu pergi ke tab "Advanced Setting ..." dan pilih joystick Anda (pilih perangkat). Dalam contoh saya, joystick "TGZ Controller" (contoh pada gambar di bawah).

Set default joystick

Kemudian klik tombol "Refresh" dan coba klik tombol joystick mana saja.

Menyegarkan

Selanjutnya, Anda akan melihat bahwa utilitas menyoroti tombol yang Anda tekan dengan warna kuning.

Anda hanya perlu memutuskan tombol joystick mana yang ingin Anda beri tahu tombol keyboard tertentu - lalu klik dua kali baris ini dan tentukan yang diperlukan. Lihat tangkapan layar di bawah.

Tekan tombol joystick - dan Anda melihat baris yang diinginkan

Pada gambar di bawah, saya meletakkan tombol Q pada tombol "Tombol 2" dari joystick.

Kuncinya sudah diatur!

Sebenarnya, dengan cara ini Anda perlu memutuskan semua tombol joystick. Ini dilakukan dengan cukup cepat ...

Ngomong-ngomong, perhatikan bahwa tombol joystick prasetel Anda berfungsi - program JoyToKey harus diluncurkan sebelum memasuki game! (dan profil yang diinginkan dipilih (dalam contoh saya, ini adalah salah satu, oleh karena itu tidak relevan)).

Peralihan profil cepat

*

Tambahan pada topik dipersilahkan ...

Semoga berhasil!

?