Suara di laptop hilang, kenapa?

Pertanyaan pengguna

Halo.

Belum lama ini di laptop saya, Windows 7 diperbarui menjadi 10 dan sekarang saya kehilangan suara. Pengemudi tampaknya diinstal, ikon volume tanpa tanda silang, semuanya baik-baik saja dengan itu, suaranya benar-benar ditambahkan. Tapi tetap saja ...

Ngomong-ngomong, yang lainnya (kecuali suaranya) bekerja dengan baik. Katakan padaku setidaknya cara menggali yang mana?

Halo.

Jika suara menghilang saat menginstal ulang Windows - di sebagian besar kasus, tidak ada driver di sini (mungkin ada "bengkok" dan perlu dihapus, dan instalasi baru), atau perangkat pemutaran tidak dipilih dengan benar di pengaturan suara OS.

Dalam catatan ini saya akan memberikan tidak hanya solusi dari alasan tersebut, tetapi juga beberapa alasan lainnya (yang paling populer dan sering ditemui).

Begitu...

*

Mengapa tidak ada suara di laptop: alasan utama dan solusinya

Pengaturan suara

Ngomong-ngomong, jika Anda tidak menginstal atau memperbarui apa pun, dan suaranya tiba-tiba menghilang, coba  restart laptop .

Ini sering membantu (terutama dalam kasus di mana pengguna tidak mematikan laptop mereka sama sekali, selalu mengirimnya ke mode tidur ...).

Selanjutnya, saya sarankan untuk mengklik kanan ikon suara di baki (di sebelah jam) dan membuka mixer volume  (Anda juga dapat melakukan ini ? di panel kontrol Windows).

Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan volume di berbagai aplikasi secara terpisah satu sama lain (misalnya, jika Anda tidak memiliki suara di browser, tetapi dalam game, sangat mungkin bahwa mixer volume yang menjadi penyebabnya).

? Catatan!

Apa yang harus dilakukan jika ikon volume tidak merespons atau menghilang sama sekali - lihat instruksi

Buka Volume Mixer (Windows 10)

Perhatikan penggeser volume di depan setiap aplikasi. Pastikan volume speaker tidak diturunkan seminimal mungkin ...

Periksa volume speaker (Windows 10)

Omong-omong , momen tidak menyenangkan lainnya sering terjadi di Windows - sistem tidak selalu memilih dengan benar perangkat tempat suara harus diputar.

Selain itu, terkadang suara dapat diumpankan ke perangkat yang tidak terhubung sama sekali! Dalam hal ini, tidak akan ada suara di speaker laptop biasa atau headphone yang dipasangkan dengannya ...

Untuk memeriksa titik ini, buka ? Control Panel dan buka tab "Hardware and Sound / Sound" .

? Catatan!  

Cara membuka panel kontrol di Windows - lihat instruksi

Perangkat Keras dan Suara - Suara

Selanjutnya, periksa apakah Anda telah memilih perangkat yang benar untuk memutar suara secara default (ada tanda centang hijau di atasnya).

Coba pilih perangkat lain, jika suaranya tidak muncul - periksa ulang semuanya satu per satu.

Perangkat pemutaran default

Pengemudi

Jika Anda baru saja menginstal ulang sistem, misalnya, memperbarui Windows 7 ke Windows 10, mengubah beberapa komponen, menghubungkan sesuatu - dalam hal ini, kurangnya suara mungkin disebabkan oleh driver .

Driver dari Windows 7 yang sama tidak selalu cocok dengan Windows 10 (meskipun sistem baru mencoba menginstal driver untuk setiap perangkat yang terhubung, hal ini tidak selalu berhasil).

Jadi, untuk memeriksa dan memperbarui driver, saya sarankan membuka ? Device Manager.

Untuk melakukannya: tekan kombinasi Win + R , masukkan perintah  devmgmt.msc di baris "Open" dan klik OK.

Mulai Pengelola Perangkat - devmgmt.msc

Di Pengelola Perangkat, buka tab Perangkat Suara, Game, dan Video  (serta Perangkat Lain, jika Anda memilikinya) dan lihat apakah ada perangkat dengan tanda seru.

Kemudian klik kanan pada kartu audio Anda (biasanya, namanya adalah sesuatu seperti "Realtek High Definition Audio") dan di menu konteks yang muncul pilih opsi "Perbarui driver" .

Perbarui driver audio

Sebagai contoh - tidak ada driver untuk perangkat ini

Namun, saya perhatikan bahwa tidak selalu memungkinkan untuk memperbarui driver dengan cara ini. Dalam hal ini, saya akan merekomendasikan untuk menjalankan sistem tambahan menggunakan spesial. utilitas (mereka dapat secara otomatis mencari dan memuat semua driver dan komponen sistem yang diperlukan yang hilang di OS Windows Anda).

Misalnya, utilitas seperti ? Driver Booster tidak hanya dapat memperbarui driver, tetapi juga melakukan diagnosis lengkap tentang alasan kurangnya suara (dalam beberapa kasus, ini dapat digunakan untuk memulihkan operasi laptop dengan cepat).

Recovery Center - Fix No Sound / Driver Booster

*

? Tolong!  

10 Pembaru Driver Terbaik (Secara Otomatis!) - Lihat Pilihan Saya

Opsi driver audio

Dalam kebanyakan kasus, driver audio yang diperbarui memiliki panel kontrolnya sendiri di sistem . Itu. selain mengatur beberapa parameter volume di Windows, panel ini memiliki pengaturan sendiri, yang secara langsung dapat mempengaruhi volume dan kualitas suara.

Untuk membuka pengaturan driver audio, biasanya cukup masuk ke ? Control Panel Windows di bagian "Hardware and Sound" .

? Tolong!

Tidak ada lencana dari Realtek HD Manager! Cara masuk ke panel kontrol Realtek, jika tidak, saya tidak dapat mengkonfigurasi suara dengan cara apa pun.

Perangkat keras dan Suara

Dalam kasus saya, ini adalah panel dari "B&O - Play Audio Control" (milik Anda mungkin memiliki yang lain, misalnya, semacam pengontrol "Realtek HD ...", "Smart Audio", "Dolby Digital Plus", dll.).

B&O - Putar Kontrol Audio

Realtek Manager - Pembicara Tambahan

Dolby Digital Plus - Pengaturan Musik

Secara umum, bagaimanapun juga - periksa apakah dalam parameter driver audio, suara dihidupkan dan output ke perangkat pemutaran yang diinginkan dilakukan.

Suara dinonaktifkan di BIOS / UEFI

Jika ada yang tidak tahu, maka BIOS (UEFI) adalah sekumpulan program mikro yang menyediakan akses OS Windows ke perangkat keras laptop Anda. Biasanya, pengaturan BIOS memungkinkan Anda untuk menonaktifkan beberapa perangkat: adaptor Bluetooth, kartu audio dan video, CD-Rom, dll.

Secara umum, biasanya, jika Anda tidak mengubah pengaturan BIOS sendiri, mereka tidak secara spontan mematikan berbagai perangkat (mungkin, jika baterai motherboard Anda mati, mereka dapat mengatur ulang ...).

Biasanya, pengaturan kartu audio (jika ada dalam versi BIOS Anda) ada di bagian "Advanced" . Misalnya, di laptop ASUS, parameter "HD Audio Controller" bertanggung jawab untuk ini . Pastikan itu diaktifkan (mode Diaktifkan).

? Instruksi!

Cara masuk BIOS (UEFI) di komputer atau laptop - //ocomp.info/kak-voyti-v-bios.html

Pengontrol Audio - Diaktifkan

Secara umum, jika Anda tidak tahu apakah Anda memiliki opsi (bertanggung jawab untuk menghidupkan / mematikan kartu audio), Anda cukup memuat pengaturan BIOS yang optimal (dengan semua komponen laptop akan dihidupkan).

Untuk melakukan operasi ini, cukup buka bagian "Simpan & Keluar" dan klik item "Default yang Dioptimalkan" (biasanya, tombol F9). Kemudian simpan pengaturan dan restart laptop (tombol F10).

Mengatur ulang pengaturan UEFI ke optimal (menggunakan contoh laptop dari ASUS)

*

? Tolong!

Cara mengatur ulang pengaturan BIOS - //ocomp.info/kak-sbrosit-nastroyki-bios.html

Layanan Audio Windows Dinonaktifkan

Di Windows, layanan Windows Audio bertanggung jawab atas suara  . Dalam beberapa kasus (jika terjadi kegagalan sistem, infeksi beberapa virus, dll.), Pekerjaannya dapat terganggu. Dianjurkan untuk memeriksa apakah itu berjalan sama sekali ...

Untuk memanggil jendela layanan, tekan kombinasi tombol Win + R ,  masukkan perintah services.msc di baris "Buka" yang muncul dan tekan OK. Lihat contoh di bawah (?).

Membuka layanan - services.msc (metode universal)

Selanjutnya, di antara daftar layanan, Anda perlu mencari "Windows Audio" , membukanya dan melihat statusnya (idealnya, harus "Berjalan" ).

Perhatikan juga jenis startup - ini harus otomatis secara default .

Ngomong-ngomong , coba hentikan layanan Windows Audio secara manual lalu mulai ulang.

Pemeriksaan Layanan Audio Windows / Dapat Diklik

Jika tidak ada suara melalui headphone ...

Jika ada suara dari speaker laptop, tetapi tidak ada suara saat menghubungkan headphone, maka kemungkinan besar alasan berikut ini:

  • Windows salah memilih perangkat pemutaran (coba masuk ke pengaturan suara dan tentukan headphone secara manual sebagai perangkat default - cara melakukan ini ditunjukkan di awal artikel ?);
  • Anda menghubungkan headphone headset ke output audio biasa (perhatikan foto di bawah ini ?);
  • kerusakan output audio laptop (dengan seringnya mencolokkan / mencabut headphone, konektor dapat mulai diputar dan tidak memberikan koneksi yang kencang);
  • headphone rusak (coba periksa kembali di perangkat lain).

? Tolong!

Satu input headphone dan mikrofon di laptop - cara menghubungkannya (headset dan jack audio biasa)

Porta audio di laptop (headset dan klasik)

Ngomong-ngomong , Anda dapat menentukan apakah Anda memiliki headphone headset dengan stekernya - lihat lebih dekat jumlah kontaknya, headphone biasa memiliki steker dengan 3 kontak, dan headphone headset memiliki 4 kontak.

Colokan dari headphone berbeda

Jika Anda dihadapkan pada kenyataan bahwa headphone untuk satu konektor, dan pada laptop yang lain - belilah adaptor kecil (berbagai opsi untuk ini disajikan ? di toko online Cina). Salah satu contohnya ditunjukkan pada foto di bawah ini.

Adaptor (sebagai contoh)

*

? Tolong!

Headphone tidak berfungsi di laptop - apa yang dapat saya lakukan?

Diagnostik Suara Windows

Jika Anda menggunakan Windows 8/10, maka Anda memiliki kesempatan untuk menjalankan fungsi diagnostik otomatis untuk menemukan dan memperbaiki penyebab masalah suara tersebut. Seringkali, diagnostik semacam itu membantu menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah.

Untuk menjalankan diagnosis - klik kanan pada ikon speaker (volume) di baki Windows, di menu yang muncul, pilih "Pecahkan masalah dengan suara" . Lihat contoh di bawah (?).

Deteksi masalah audio

Diagnostik dapat dijalankan dengan cara lain (berguna bagi mereka yang, misalnya, tidak memiliki ikon volume di baki ?).

Pertama, tekan kombinasi tombol Win + i (opsi Windows akan terbuka), lalu buka tab "Perbarui dan Keamanan / Pemecahan Masalah" dan jalankan alat (contoh pada gambar di bawah ?).

Pemecahan Masalah (Windows 10)

Setelah memulai, alat akan secara otomatis memeriksa semua parameter yang diperlukan, layanan, perangkat, dll. - Anda harus sesekali menjawab pertanyaan yang diajukan oleh wizard ...

Contoh cara kerja Pemecah Masalah Suara

Menggunakan kartu suara eksternal

Jika semua hal di atas tidak membantu menyelesaikan masalah, ada satu cara lagi yang radikal yang akan membantu bahkan dalam kasus beberapa di antaranya. kerusakan laptop Anda, atau tidak adanya driver untuk Windows 10 (katakanlah).

Kita berbicara tentang kartu suara eksternal (sekarang ada model, yang ukurannya tidak melebihi flash drive).

Driver standar diinstal untuk mereka, Windows menemukannya sendiri dan menginstalnya ke dalam sistem secara otomatis. Itu. tidak masalah - yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkannya ke port USB laptop (foto di bawah ini adalah contoh ?).

? Tolong!

10 barang terbaik untuk komputer dari China dengan pengiriman gratis (lihat item 8 - kartu suara, biaya mulai 140 rubel)

Operasi kartu audio mini

Perangkat Audio USB - driver menginstal Windows itu sendiri dalam mode otomatis

Satu-satunya hal yang mungkin diperlukan setelah menghubungkan "bayi" seperti itu adalah membuka pengaturan suara di Windows dan di tab "Pemutaran" tentukan perangkat "Speaker / USB Audio Device" baru . Lihat contoh di bawah (?).

Perangkat pemutaran

*

Tambahan pada topik dipersilahkan ...

Semoga berhasil!

Pertama kali diterbitkan: 16.06.2019 

Koreksi: 10/27/2020