4 perangkat lunak pengujian stres CPU terbaik (diagnostik CPU)

Waktu yang tepat!

Untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari CPU, suhu di bawah beban, frekuensi, untuk mengevaluasi sistem pendingin (dan keandalan keseluruhan PC / laptop) - Anda perlu melakukan apa yang disebut uji stres .

Ini terdiri dari fakta bahwa CPU akan dimuat hingga 100% dengan berbagai perhitungan - dan khusus. utilitas pemantauan akan melacak berbagai metrik sistem dan menampilkannya di layar. Secara umum, disarankan untuk melakukan prosedur serupa untuk semua perangkat baru dan yang berfungsi bermasalah untuk mendiagnosis ...

Sebenarnya, dalam catatan kecil ini saya akan merekomendasikan beberapa utilitas yang sangat berguna yang sering saya gunakan sendiri (perangkat lunak ini sangat sederhana, dan sebagian besar pengguna dapat menanganinya ...). ?

Jadi, sekarang ke topik ...

*

Tes stres CPU: memilih program

AIDA 64

Situs web resmi: //www.aida64.com/downloads

? Instruksi (bagaimana melakukan tes di AIDA): link ->

Ini adalah salah satu utilitas terbaik untuk melihat karakteristik komputer: berisi hampir semua parameter perangkat keras dan perangkat lunak yang diinstal. Namun selain itu (yang, omong-omong, tidak semua pengguna mengetahuinya) - versi modern AIDA 64 memungkinkan Anda untuk menguji CPU, kartu video, disk, memori, dll. (Untuk ini, lihat di tab "Layanan" ?).

Uji stabilitas sistem / AIDA 64

Saya ingin mencatat secara terpisah bahwa di AIDA 64 semuanya cukup jelas: selama pengujian, grafik visual suhu, frekuensi, tingkat beban CPU, tegangan, dll. Ditampilkan.

Grafik suhu dan frekuensi selama pengujian (AIDA 64)

Manfaat:

  • beberapa tes untuk dipilih;
  • grafik yang nyaman untuk melacak semua indikator;
  • kompatibel dengan semua CPU modern;
  • dukungan untuk Windows XP, 7, 8, 10 (32/64 bit).

Kekurangan:

  • versi lengkap dari utilitas ini berbayar.

*

OCCT

Website resmi: //www.ocbase.com/

Program ini bersifat universal: cocok untuk pengujian tekanan pada prosesor dan kartu video. Diagnostik di OCCT cukup "sulit" (boleh dikatakan), dan jika sistem Anda melewatinya, Anda bisa tenang tentang itu ? ...

Untuk pengujian dasar: setelah memulai utilitas, pilih mode pengujian "OCCT" dan tekan tombol start (lihat contoh di bawah ?).

Mulai Uji CPU (OCCT)

Selanjutnya, prosesor Anda akan dimuat hingga 100%, dan utilitas akan mulai memantau indikator utama (ditampilkan di tab yang berbeda):

  • jumlah kesalahan;
  • suhu dan frekuensi operasi;
  • ketegangan;
  • listrik, dll. ?

Hasil online! (OCCT)

Utilitas adalah salah satu yang paling nyaman dan intuitif (bersama dengan AIDA 64).

Manfaat:

  • beberapa opsi pengujian;
  • desain intuitif sederhana;
  • kontrol kesalahan otomatis;
  • menyimpan hasil grafik dan pengujian dalam folder terpisah (sehingga Anda dapat membacanya dengan cermat lagi nanti).

Kekurangan:

  • beberapa model CPU yang lebih baru (seperti AMD Ryzen generasi terbaru) mungkin berperilaku tidak benar.

*

IntelBurnTest

Penting : terlepas dari namanya, utilitas tersebut juga mendukung prosesor AMD. 

Pengembang: AgentGOD

Tautan ke SoftPedia: //www.softpedia.com/

Menurut pengembang utilitas ini, ini menguji CPU menggunakan algoritma dan metode yang sama seperti yang dilakukan oleh spesialis dari Intel (saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak - tetapi programnya jelas tidak buruk!).

Sangat mudah untuk menggunakannya: setelah memulai - pilih durasi pengujian (misalnya, 10 menit seperti yang saya miliki pada gambar di bawah) dan tingkat pemuatan (saya sarankan "Sangat Tinggi") - lalu klik "Mulai" . ?

IntelBurnTest - jendela program

Setelah itu, IntelBurnTest akan memuat CPU dengan serius dan akan mulai "memantau" pekerjaannya - jika ditemukan kesalahan, pengujian akan dihentikan, dan Anda akan melihat laporan.

Semuanya sederhana, cepat, dan jelas. Apa lagi yang Anda butuhkan ?! ?

Manfaat:

  • utilitas yang sangat sederhana (secara harfiah - tidak ada yang berlebihan di dalamnya);
  • algoritma pengujian yang baik (keandalan dan akurasi hasil yang tinggi);
  • penghentian otomatis pengujian jika kesalahan terdeteksi atau CPU berperilaku "aneh".

Kekurangan:

  • tidak ada grafik dan indikator visual (oleh karena itu, disarankan untuk menggunakannya secara paralel dengan ? HWMONITOR atau RealTemp).

*

PRIME 95

Situs pengembang: //www.mersenne.org/download/#stresstest

Utilitas klasik untuk menguji kinerja CPU, yang sudah muncul pada tahun 1995. Dan sejak saat itu terus diperbarui, dan masih akan memberikan peluang untuk banyak analog!

Algoritme pengujiannya adalah sebagai berikut: PRIME 95 "memaksa" prosesor untuk melakukan operasi aritmatika yang kompleks (cari "Mersenn prima"), yang memungkinkan untuk mengevaluasi tidak hanya keandalan dan stabilitasnya, tetapi juga keakuratan penghitungan (hasil yang akan diberikan CPU Anda akan dibandingkan dengan referensi) ...

Tangkapan layar menjalankan PRIME 95

Secara umum, utilitas ini (seperti IntelBurnTest sebelumnya) disarankan untuk dijalankan secara paralel dengan beberapa ? HWMONITOR, yang akan menampilkan semua indikator yang diperlukan (suhu, frekuensi, dll.).

Selebihnya, tidak ada keluhan tentang PRIME 95. Saya telah menyimpan perangkat lunak semacam itu untuk waktu yang lama di flash drive darurat terpisah (yang saya sarankan juga, jika tidak, Anda tidak akan pernah tahu ...).

Manfaat:

  • kompatibilitas tinggi: Windows, Linux, Mac dan FreeBSD (hampir semua prosesor Intel, AMD);
  • sepenuhnya gratis (tidak ada iklan);
  • bagian dari hasil tes disimpan ke file laporan (dalam folder dengan utilitas).

Kekurangan:

  • antarmuka yang ketinggalan jaman;
  • tidak ada grafik atau tip.

*

Itu saja untuk saat ini. Add-on akan sangat membantu!

Semoga berhasil!

?