Tes RAM: memeriksa kesalahan pada RAM

Selamat siang.

Tak jarang, jika perilaku komputer / laptop tidak stabil (misalnya mulai muncul error, macet, layar biru crash, distorsi gambar, dll), maka diperlukan pengecekan RAM (RAM).

Selama pengujian ini, Anda dapat mengetahui apakah semuanya sesuai dengan memori, jika ada kesalahan, jika Anda perlu mengganti dadu (ngomong-ngomong, mungkin tidak berlebihan untuk menguji RAM saat membeli strip baru).

Secara umum, diagnosa memori dapat dilakukan dengan berbagai cara:

  1. menggunakan alat diagnostik Windows (jika Anda memiliki Windows 7, 8.1, 10);
  2. atau gunakan perangkat lunak pihak ketiga (menurut saya, salah satu utilitas terbaik untuk tes semacam itu adalah Memtest 86+).

Pada artikel ini saya akan mempertimbangkan kedua opsi ini (secara umum, tentu saja, opsi kedua lebih disukai!).

Begitu...

*

Memeriksa kesalahan pada RAM

Alat Diagnostik Memori Windows

Secara umum, menurut pendapat pribadi saya, perangkat lunak bawaan di Windows, sebagai suatu peraturan, lebih rendah daripada perangkat lunak pengembang pihak ketiga. Oleh karena itu, bagaimanapun, jika Anda memiliki flash drive gratis (CD / DVD disc), saya sarankan menggunakan tes di program Memtest 86+ (lihat bagian kedua dari artikel).

Dan bagaimanapun, cara menjalankan pemeriksaan bilah RAM di Windows (relevan untuk Windows 7, 8, 10):

  1. tekan kombinasi tombol  Win + R ;
  2. di jendela "Jalankan" yang muncul , masukkan perintah  mdsched dan tekan Enter (seperti pada gambar di bawah).

mdsched - perintah untuk memeriksa RAM (Win + R)

Selanjutnya, sebuah jendela akan muncul di mana Anda akan ditawari dua pilihan verifikasi:

  1. reboot dan periksa sekarang (yaitu mulai memeriksa segera);
  2. periksa saat berikutnya Anda menghidupkan PC (ini yang saya sarankan untuk dipilih untuk menyimpan semua dokumen tanpa tergesa-gesa, tutup program dan dengan tenang mengirim PC untuk reboot).

Pemeriksa Memori Windows

Jika semua baik-baik saja dengan diagnostik, Anda akan melihat pesan bahwa tes memori berhasil dijadwalkan.

Tes memori dijadwalkan

Setelah komputer / laptop Anda restart, Anda akan melihat jendela seperti pada foto di bawah ini. 2 lintasan akan dilakukan, status operasi ditampilkan di bagian bawah jendela. Jika memori Anda baik-baik saja, statusnya akan berstatus "Belum ditemukan masalah" .

Alat Diagnostik Memori Windows

Jika masalah ditemukan

Saya sarankan untuk menjalankannya lagi dengan utilitas Memtest 86+. Jika kesalahan dikonfirmasi dalam utilitas ini, maka lihat akhir artikel ini, ada beberapa tip ...

*

Pengujian memori di Memtest 86+

Memtest 86+

Situs web: //www.memtest.org/#downiso

Memtest 86+ adalah salah satu utilitas terbaik untuk menguji RAM. Utilitas ini dapat diluncurkan menggunakan bootloadernya sendiri, jadi tidak memerlukan sistem operasi.

Program ini mendukung prosesor multi-core modern, kebanyakan chipset motherboard. Memtest 86+ tersedia untuk diunduh di situs web resmi (tautan di atas), dalam beberapa versi. Beberapa kata tentang mereka di bawah ...

Tentang versi program Memtest 86+ (V5.01):

  1. Unduh - ISO Bootable yang Dikompilasi Sebelumnya (.gz) - program didistribusikan dalam citra ISO. Gambar seperti itu dapat ditulis ke drive flash USB atau ke disk CD / DVD biasa (meskipun Anda mungkin memerlukan utilitas tambahan - misalnya, UltraISO ). Secara umum, opsi universal;
  2. Unduh - ISO Bootable yang Dikompilasi Sebelumnya (.zip) - sama, hanya format arsip yang berbeda;
  3. Download - Pre-Compiled Bootable Binary (.gz) - file dalam format bin (ini juga merupakan image disk, mirip dengan ISO);
  4. Unduh - Binary Bootable Pra-Kompilasi (.zip) - sama;
  5. Unduh - Penginstal otomatis untuk Kunci USB (Win 9x / 2k / xp / 7) * BARU! * - opsi yang paling banyak diminta (menurut saya). Memungkinkan Anda membuat stik USB yang dapat di-boot secara otomatis dengan Memtest 86+ dalam beberapa langkah. Program ini bekerja di semua versi Windows: XP, 7, 8, 10;
  6. Download - Paket Pre-Compiled untuk Floppy (DOS - Win) - membuat floppy disk yang dapat di-boot (menurut saya, hari ini praktis tidak relevan).

Saya memilih opsi ke-5 (Unduh - Penginstal otomatis untuk Kunci USB (Win 9x / 2k / xp / 7) * BARU! *), Dengan itu saya akan menunjukkan kepada Anda cara membuat flash drive USB.

Membuat flash drive yang dapat di-boot dengan Memtest86 +

Unduh arsip, unzip dan jalankan file program (pilihan versi diberikan di atas). Selanjutnya, Anda perlu memasukkan flash drive USB ke port USB dan:

  1. di jendela pertama, program akan meminta Anda untuk menentukan huruf drive dari flash drive (penting! Semua data di dalamnya, sebelum menulis Memtest 86+, akan dihapus) ;
  2. maka Anda perlu mencentang kotak di samping "Kami akan memformat G: \ sebagai Fat32" dan klik tombol "Buat" ;
  3. tunggu pesan “Installation Done, Your Drive should ready to boot” (artinya medianya sudah tertulis);
  4. Omong -omong, jika Anda membuka "Komputer ini"  - Anda akan melihat bahwa nama flash drive Anda telah menjadi "MULTIBOOT" .

Buat stik USB yang dapat di-boot di Memtest 86+

Booting dari stik USB dan menjalankan pengujian di Memtest 86+

Untuk mem-boot dengan flash drive USB yang dibuat sebelumnya, Anda perlu mengkonfigurasi BIOS yang sesuai (atau gunakan tombol untuk memanggil Menu Boot). Topik ini cukup luas, jadi di bawah ini saya akan memberikan tautan ke artikel saya.

Cara mengkonfigurasi BIOS untuk boot dari drive flash USB atau drive CD / DVD - //ocomp.info/kak-nastroit-bios-dlya-zagruzki-s-diska-ili-fleshki.html

Tombol pintas untuk memanggil Menu Boot - //ocomp.info/goryachie-klavishi-dlya-vh-bios-boot-menu.html

Saya menggunakan panggilan Boot Menu, menunjukkan dari mana harus boot (USB stick) dan menekan Enter (layar di bawah).

Boot dari stik USB

Selanjutnya, jika flash drive Anda direkam dengan benar, utilitas Memtest 86+ akan secara otomatis memulai dan mulai menguji RAM. Anda tidak perlu memaksakan apapun. Panah merah pada foto di bawah ini menunjukkan kemajuan pengujian (berapa persen yang diverifikasi).

Pengujian di Memtest 86+ // dimulai secara otomatis

Catatan! Untuk berjaga-jaga, saya akan memberikan tombol kontrol (meskipun dalam banyak kasus mereka tidak diperlukan).

Esc - tutup program dan restart PC;

C - mengatur parameter dalam mode manual (untuk pengguna tingkat lanjut);

F1 - Mode Aman Gagal yang Ditingkatkan (Mode Aman Gagal diperpanjang).

F2 - SMT eksperimental mendukung hingga 32 inti (SMT eksperimental mendukung hingga 32 inti).

Saat startup, analisis komponen komputer dilakukan, kemudian pengujian RAM dimulai.

Jika pengujian tidak dimulai dalam mode otomatis, mulailah dengan menekan tombol F1 atau F2.

Secara umum, saya sarankan untuk membiarkan pengujian PC seperti ini selama beberapa jam sehingga utilitas akan menjalankan memori beberapa kali. Jika semuanya sesuai dengan memori, Anda akan melihat pesan "Lulus selesai, tidak ada kesalahan, tekan Esc untuk keluar" di bagian bawah jendela (seperti pada foto di bawah).

Catatan!

Memtest 86+ menulis informasi ke setiap blok memori, lalu membacanya dan memeriksa kesalahan. Program ini menguji RAM secara siklis, mis. itu memiliki 11 tes secara default (termasuk nol), yang berjalan dalam loop dalam jumlah yang tidak terbatas (sampai Anda menghentikannya dengan menekan Esc).

Semuanya baik-baik saja dengan memori // lulus ujian

Jika kesalahan ditemukan selama pengujian, Anda akan melihat garis merah (ini tidak bagus (setidaknya)).

Ada masalah dengan memori ...

Apa yang harus dilakukan jika ditemukan kesalahan

Pertanyaan yang cukup populer, bersama dengan pertanyaan tentang pengujian memori ...

Pertama, Anda perlu membuka unit sistem dan membersihkannya dari debu. Lepaskan stik memori dari slotnya dan tiup slotnya sendiri (akan lebih mudah melakukannya menggunakan penyedot debu dengan mode terbalik, atau sekaleng udara terkompresi - ini dijual di toko komputer).

Artikel tentang membersihkan komputer Anda dari debu - //ocomp.info/kak-pochistit-kompyuter-ot-pyili.html

Selanjutnya, periksa papannya sendiri: jika ada keripik, goresan di atasnya, jika bersih. Jika ada tanda-tanda kerusakan mekanis, Anda mungkin perlu mengganti memori dengan yang baru.

Perhatikan juga kontaknya . Faktanya adalah bahwa setelah beberapa saat mereka dapat teroksidasi, dan ketika dimasukkan ke dalam slot, mereka tidak sepenuhnya (tidak selalu) memberikan kontak. Akibatnya, segera setelah kontak "hilang", komputer Anda macet. Saya sarankan untuk dibersihkan sih, karet gelang / penghapus biasa (sekolah) cocok untuk ini. Pelet yang tersisa bisa dihilangkan atau disikat dengan sikat lembut.

Membersihkan kontak memori dengan penghapus dan kuas

Catatan. Prosedur harus dilakukan dengan sangat hati-hati, pada permukaan yang bersih, kering, dan rata. Pita elastis lebih baik daripada yang memiliki dua sisi: satu biru, yang lain merah muda. Dianjurkan untuk menggosok dengan warna biru. Dalam beberapa kasus, kontak kuning berubah warna menjadi warna yang lebih terang.

Setelah membersihkan memori, masukkan kembali ke dalam slot dan nyalakan PC (ngomong-ngomong, coba masukkan memori ke slot lain, atau ganti braket jika semua slot sudah terisi).

Kemudian uji lagi. Dalam beberapa kasus, prosedur sederhana seperti itu memungkinkan Anda untuk menghilangkan kesalahan terkait memori, komputer berhenti membeku, me-reboot dan memberikan layar biru (sehingga menghemat uang Anda).

Jika ditemukan kesalahan lagi, Anda dapat mencoba menyerahkan memori untuk diperbaiki (tetapi secara pribadi saya tidak merekomendasikannya). Jika tidak ada layanan garansi, lebih baik menggantinya dengan yang baru (faktanya adalah harga perbaikan RAM - dalam banyak kasus, harganya hampir sama dengan bar baru).

*

Itu saja untuk saat ini. Add-on dipersilakan ...

Semoga berhasil dan tes yang bagus!

?

Artikel direvisi: 02/25/2019