Mengapa komputer tidak melihat USB flash drive: 10 alasan utama!

Halo!

Saat ini, flash drive USB adalah salah satu jenis media penyimpanan paling populer (kecuali kemampuan untuk bertukar file melalui jaringan).

Faktanya, USB flash drive memiliki banyak keunggulan: mobile (dapat disimpan di saku mana saja), universal (terhubung ke PC, laptop, gadget apa pun), dapat menyalin / membaca informasi dengan cukup cepat, dll.

Tetapi satu " masalah " kecil terjadi pada mereka - terkadang komputer menolak untuk mengenali dan melihatnya. Ada beberapa alasan mengapa flash drive tidak terlihat, dalam artikel yang sama saya ingin memberikan alasan paling mendasar yang paling sering Anda hadapi dalam pekerjaan Anda.

Juga dari artikel tersebut Anda akan mempelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan kinerja perangkat Anda (tidak selalu langsung membuangnya dan lari membeli yang baru?! ?).

Begitu...

Alasan / pratinjau entri

*

? Tolong!

Jika Anda ingin membeli flash drive dengan harga murah , saya sarankan untuk menggunakan toko online Cina.

*

Alasan tidak terlihatnya flash drive

10 Akar Penyebab dan Solusinya ...

Masalah # 1: Flash drive tidak diformat

Inilah alasan paling umum! Faktanya adalah bahwa setelah membeli flash drive, Anda perlu memformatnya (catatan: sering kali flash drive dan disk baru tidak diformat dan karena itu tidak terlihat di "My Computer / This Computer" ...).

*

Keputusan

Kemungkinan besar tidak ada gunanya memasukkan "My Computer", karena dalam beberapa kasus, Anda tidak akan melihat flash drive USB di sana.

Oleh karena itu, Anda perlu membuka "Manajemen Disk" . Untuk melakukannya, tekan kombinasi tombol Win + R (jendela "Run" akan muncul ), masukkan perintah diskmgmt.msc dan tekan Enter (layar di bawah).

diskmgmt.msc - mulai manajemen disk

Ucapan!

Jika dalam "Manajemen Disk" flash drive Anda tidak terlihat - lanjutkan ke masalah ke-3 (?) .

Selanjutnya, dalam "Manajemen Disk" Anda akan melihat semua media yang terhubung ke komputer Anda (bahkan yang belum diformat).

Temukan flash drive Anda di daftar (dipandu oleh ukuran dan namanya, misalnya, "Kingston ... 8 GB"), lalu klik kanan padanya dan pilih " Format ... " di menu konteks yang muncul (contoh pada gambar di bawah ?).

Cara menemukan dan memformat flash drive yang tidak terlihat (Manajemen Disk)

Sebenarnya itu saja. Omong-omong, saya merekomendasikan memilih NTFS untuk sistem file (karena pada FAT 32, yang sering kali default pada flash drive, tidak mungkin untuk menyalin dan menempatkan file yang lebih besar dari 4 GB).

*

Masalah # 2: Pengaturan otomatis huruf drive / flash drive salah

Saat Anda menghubungkan drive disk, drive flash USB, floppy disk, dll. ke komputer Anda - secara otomatis memberikan huruf unik ke drive Anda, misalnya, "Drive sistem C: \" atau "Drive lokal F: \", dll.

Semuanya akan baik-baik saja, tetapi terkadang pengaturan otomatis surat itu gagal dan menetapkan huruf non-unik ke drive Anda yang terhubung. Akibatnya, drive tidak terlihat ...

Untuk mengatasi ini, Anda hanya perlu mencoba mengubah huruf (ini dilakukan dengan cepat dan sangat sering memecahkan masalah terbesar).

*

Keputusan

Anda juga perlu pergi ke "Manajemen Disk" (seperti dijelaskan di atas), lalu pilih drive "tidak terlihat" Anda, klik kanan padanya dan pilih fungsi " Ubah huruf drive atau jalur ke disk ".

Selanjutnya, atur huruf unik Anda sendiri untuk flash drive (misalnya, beberapa "N", "M", "Z", dll.).

Ubah huruf (manajemen disk)

Edit

? Ngomong-ngomong!

Dalam beberapa kasus, Windows mungkin tidak menetapkan huruf drive ke semua drive yang terhubung sama sekali. Untuk mengatasinya, gunakan rekomendasi berikut

*

Masalah # 3: Driver yang ketinggalan zaman atau rusak

Masalah yang sangat, sangat umum adalah driver yang sudah ketinggalan zaman (terkadang driver bisa gagal dan konflik satu sama lain). Perlu dicatat bahwa pada komputer lama, masalah lain mungkin terjadi - ketidakmampuan untuk melihat flash drive USB, yang ukurannya lebih dari 32 GB.

Ini diselesaikan sebagai berikut: pertama hapus driver lama, kemudian instal yang baru.

? Komentar!

Ada yang spesial. utilitas yang secara otomatis dapat menghapus dan memperbarui driver lama untuk perangkat apa pun di komputer.

*

Keputusan

Pertama-tama, buka ? Device Manager, di dalamnya Anda dapat melihat semua perangkat yang terhubung ke komputer.

Untuk menemukan pengelola perangkat: buka panel kontrol Windows, lalu alihkan tampilan ke "Ikon besar" dan pilih " Pengelola Perangkat " dari daftar (contoh di tangkapan layar di bawah ?).

? Tolong!

Cara alternatif untuk membuka pengelola perangkat

Ikon Besar - Pengelola Perangkat

Selanjutnya, buka bagian "USB Controllers" dan temukan baris "USB Mass Storage Device" di dalamnya , pilih dan hapus (layar di bawah ?).

Hapus perangkat

? Oh, saudara, perhatian!

Tanda seru kuning akan menyala pada perangkat yang tidak memiliki driver . Secara umum, tidak diinginkan bagi Anda untuk memiliki perangkat yang ditandai dengan tanda seru (atau tanda silang merah).

Setelah mencopot pemasangan, klik tombol " Perbarui konfigurasi perangkat keras " - tombol ini terletak di bagian atas jendela pengelola perangkat. Setelah itu, jendela dispatcher akan berkedip beberapa kali, dan driver akan dipasang ulang ...

Perbarui konfigurasi perangkat keras

*

Masalah nomor 4: panel depan unit sistem tidak terhubung

Seringkali, port USB pada panel depan unit sistem tidak terhubung ke motherboard (tampaknya, mereka lupa menghubungkan soket ini saat merakit PC). Dalam hal ini, Anda cukup memasukkan USB flash drive ke port entah kemana ...

Unit sistem tipikal

Keputusan

  1. Cukup sederhana: sambungkan flash drive USB ke bagian belakang unit sistem - selalu memiliki 2 รท 4 port USB. Paling tidak, disarankan untuk melakukan ini hanya untuk pengujian - untuk memastikan bahwa port USB di panel depan tidak berfungsi.
  2. Coba sambungkan panel depan ke alas. naik. Jika Anda belum pernah memiliki pengalaman seperti itu sebelumnya, saya tidak merekomendasikan masuk ke unit sistem, lebih baik menggunakan layanan pusat layanan.

*

Masalah nomor 5: virus di PC atau flash drive

Topik virus tidak mengabaikan banyak masalah yang terkait dengan pengaturan dan pemeliharaan sistem operasi Windows (mereka benar-benar dapat disalahkan atas semuanya ?).

Faktanya, ada beberapa jenis virus yang dapat menyembunyikan informasi pada flash drive (dan flash drive itu sendiri) dari mata pengguna.

*

Keputusan

Solusinya sepele dan jelas - untuk menginstal perangkat lunak antivirus dan memeriksa komputer Anda dari virus. Kemudian, jika komputer melihat drive flash USB, periksa juga. Topik ini cukup luas, saya sarankan Anda membaca beberapa artikel saya di bawah ini:

  • Antivirus terbaik untuk komputer rumah Anda ->;
  • Menghapus virus dari komputer Anda (meskipun antivirus tidak melihatnya!) - lihat instruksinya.

*

Masalah # 6: Menggunakan hub USB, kabel ekstensi

Sangat sering, masalah dengan menghubungkan flash drive (dan hard drive eksternal) dikaitkan dengan semua jenis splitter, extender untuk port USB.

Seringkali mereka bekerja secara tidak benar, atau terlalu banyak perangkat yang terhubung dengannya, akibatnya semua jenis kesalahan terjadi (misalnya, tidak ada daya yang cukup untuk port USB).

Hub USB biasa

*

Keputusan

Untuk memeriksa apakah memang demikian - cukup colokkan flash drive langsung ke port USB (tanpa kabel ekstensi). Jika berhasil, maka kesimpulannya jelas, masalahnya terkait dengan splitter.

Ngomong-ngomong, jika Anda ingin menggunakan hub USB, saya sarankan menggunakannya dengan catu daya tambahan (karena seringkali catu daya port USB tidak cukup untuk beberapa perangkat).

Hub USB dengan add. makanan

*

Masalah # 7: Port USB dinonaktifkan di BIOS

Dalam beberapa kasus, alasan tidak terlihatnya flash drive mungkin karena pengaturan BIOS: mis. mereka hanya akan menonaktifkan port USB.

Alasan ini tidak begitu umum, tetapi, misalnya, kebetulan ketika membeli PC (laptop) baru, penjual karena alasan tertentu menonaktifkan port ...

*

Keputusan

Buka BIOS, lalu temukan pengaturan untuk mengaktifkan / menonaktifkan port USB dan mengaktifkannya. Pertama, Anda harus masuk ke BIOS, jika Anda tidak tahu caranya - gunakan tautan ke artikel di bawah ini.

? Komentar!

Jika Anda tidak tahu cara masuk ke BIOS - Saya merekomendasikan artikel berikut

*

Pengaturan untuk mengaktifkan port USB biasanya ditemukan di tab "Advanced".

Berlawanan dengan item  USB Controller, Anda perlu menerjemahkan nilainya ke Enabled (mis. Diaktifkan , lihat layar di bawah). Kemudian simpan pengaturan dan keluar (biasanya tombol F10).

BIOS - apakah port USB diaktifkan

Anda juga dapat mengatur ulang pengaturan BIOS ke yang optimal (mereka selalu memiliki port USB. Setidaknya saya belum melihat yang sebaliknya ...).

? Tolong!

Petunjuk tentang cara mengatur ulang BIOS ke pengaturan optimal diberikan di sini

*

Masalah # 8: Kesalahan sistem file

Jika terjadi kegagalan sistem file - saat menghubungkan flash drive, Anda kemungkinan besar akan melihat pesan yang menyatakan bahwa flash drive tidak diformat, bahwa ia memiliki sistem file RAW dan Windows akan meminta Anda untuk melakukan sesuatu dengannya ?.

Dalam beberapa kasus, pemformatan flash drive tidak dapat diselesaikan karena beberapa kesalahan ...

Secara umum, masalah dengan sistem file cukup besar, dan solusinya tidak selalu sederhana dan cepat (terutama jika USB flash drive memiliki data yang diperlukan).

*

Keputusan

Jika Anda membutuhkan data pada flash drive, maka saya tidak menyarankan untuk memformatnya. Secara umum, saya menyarankan Anda untuk tidak melakukan apa pun dengannya, tetapi berikan ke ? pusat layanan.

Jika Anda ingin melakukan semuanya sendiri, pertama-tama coba hapus data Anda dari data tersebut menggunakan utilitas pemulihan: Recuva, R.Saver, Easy Recovery Professional, dll. (Tautan dibawah!).

? Tolong! 

Bagaimana memulihkan foto dari kartu memori MicroSD atau USB flash drive - petunjuk langkah demi langkah

Jika data pada flash drive tidak diperlukan (atau Anda sudah menyalinnya): Saya sarankan mencoba memformat flash drive dengan yang khusus. utilitas - Alat Format Tingkat Rendah HDD LLF.


Alat Format Tingkat Rendah HDD LLF

Situs pengembang: //hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/

Utilitas sederhana untuk pemformatan tingkat rendah dari disk dan flash drive. Dalam sejumlah kasus, ini membantu untuk menghidupkan kembali drive kehidupan, yang praktis tidak ada harapan. Omong-omong, itu memformat bahkan disk itu - yang tidak dapat dilihat oleh Windows atau memberikan kesalahan baca / format.

Utilitas ini bekerja cukup sederhana: setelah meluncurkannya akan memberi Anda daftar semua drive yang terhubung ke sistem, Anda memilih yang Anda butuhkan dan memformatnya. Setelah memformat, disk (atau flash drive) mulai berfungsi sebagaimana mestinya!

Memformat flash drive


? Tolong!

Cara memformat flash drive USB (FAT32, exFAT, NTFS) - lihat instruksi

*

Masalah # 9: Kerusakan port USB

Itu juga terjadi bahwa port USB menjadi tidak dapat digunakan. Paling sering ini berasal dari penggunaannya yang sering dan tidak akurat: misalnya, banyak yang menarik USB flash drive (atau kabel USB) dengan tajam, seiring waktu, port USB mulai menempel dengan buruk ke flash drive USB yang dimasukkan (yaitu, tidak ada kontak antara USB flash drive dan port). Akibatnya, flash drive tidak terlihat.

Catatan. Omong-omong, port USB mungkin tidak berfungsi dengan stabil: mis. Anda akan melihat flash drive terlebih dahulu, dan setelah Anda mulai menyalin informasi ke dalamnya (atau membacanya), Anda mungkin melihat kesalahan, atau koneksi akan hilang begitu saja ...

*

Keputusan

  1. Coba sambungkan flash drive ke port USB lain, atau ke komputer / laptop lain. Jika masalahnya ada pada port USB, Anda akan segera melihat perbedaannya ...
  2. Saya juga merekomendasikan untuk memperhatikan kotoran di port USB. Seringkali, seiring waktu, lapisan debu, plak, dll. Menumpuk, mengakibatkan kontak yang buruk. Jika ada banyak kotoran, coba bersihkan dengan sikat gigi bekas yang dibasahi alkohol (lakukan operasi dengan PC dimatikan!) , Lalu masukkan kembali USB flash drive.

*

? Tolong!

Port USB tidak berfungsi, apa yang harus saya lakukan?

*

Masalah # 10: Kerusakan stik USB (misalnya, setelah jatuh)

Mungkin ini hal terburuk yang dapat terjadi pada drive, terutama jika drive tersebut berisi data penting. Fakta bahwa flash drive bisa menjadi tidak dapat digunakan, paling sering, tebakan pengguna, tk. sebelum itu:

  • drive jatuh ke lantai;
  • jatuh ke air;
  • secara tidak sengaja terkena atau terkena benda apa pun;
  • drive menunjukkan goresan, keripik, atau retakan yang dalam.

Secara umum, saat Anda memasukkan USB flash drive ke port USB, LED di atasnya akan menyala (kebanyakan flash drive memilikinya). Suara karakteristik dari koneksi perangkat harus "berdering" di PC.

Jika semua ini tidak ada, terutama saat menghubungkan flash drive ke perangkat yang berbeda, maka ini pertanda buruk, kemungkinan besar ada masalah dengan flash drive itu sendiri.

Kerusakan mekanis pada flash drive

*

Keputusan

  1. Beli flash drive USB baru (dangkal dan sederhana ?, terutama karena harga untuk mereka sekarang cukup demokratis (dan di toko online Cina biasanya harganya "satu sen"));
  2. Coba serahkan ke pusat layanan, mungkin master akan dapat menyolder ulang kontak, dan itu akan berfungsi lagi (tetapi saya akan merekomendasikan metode ini, hanya untuk memulihkan informasi dari flash drive). Setelah memperbaiki drive: menggunakannya untuk data penting tidak dibenarkan!

*

Itu saja untuk saat ini. Add-on dipersilakan!

Selamat sembuh!

?

Pertama kali diterbitkan: 26.11.2016

Artikel direvisi: 09/29/2020