Optimasi dan akselerasi Windows 7

Pertanyaan pengguna

Halo.

Beri tahu saya mengapa Windows 7 saya berfungsi dengan baik setelah instalasi, semuanya terbuka dan boot dengan cepat. Setelah 2-3 minggu - tampaknya diganti: komputer mulai memuat untuk waktu yang lama, konduktor dengan enggan bereaksi, semua pekerjaan entah bagaimana lambat.

Apakah mungkin untuk mengoptimalkan dan mempercepat sistem, tanpa penginstalan ulang sistematis, sehingga dapat bekerja dengan cepat, seperti setelah menginstal ulang sistem? 

Selamat siang.

Perilaku Windows yang cukup khas, terlebih lagi, ketujuh itu sendiri tidak bisa disalahkan di sini, hal yang sama akan terjadi, misalnya, dengan sepuluh ...

Faktanya adalah bahwa seiring waktu, sejumlah besar "sampah" (file sementara, cache, dll.) Terakumulasi di Windows, program baru mendaftarkan dirinya sendiri saat startup, semua jenis gadget muncul, dll. - semua ini mulai "memakan" RAM, memuat prosesor , subsistem disk, yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja.

Pada artikel ini, saya akan memberikan beberapa rekomendasi terpenting untuk mengoptimalkan dan mempercepat sistem (omong-omong, saya tidak mempertimbangkan opsi dengan peningkatan, misalnya, dalam bentuk membeli RAM tambahan atau drive SSD).

Begitu...

? Penting!

14 Januari 2020 Microsoft menghentikan itu. Dukungan Windows 7. Sebenarnya, saya menyarankan semua orang untuk mulai pindah ke Windows 10.

? Tolong! 

Saya juga menganjurkan agar Anda membiasakan diri dengan program terbaik untuk mengoptimalkan Windows

*

9 langkah untuk memperbaiki rem dan mempercepat sistem Windows 7 Anda

Program startup

Deskripsi masalah:

Seperti yang saya katakan di atas, seiring waktu, saat program diinstal, beberapa dari mereka mendaftarkan diri di startup Windows dan mulai setiap kali komputer dihidupkan. Semuanya akan baik-baik saja, tetapi beberapa program ini cukup menuntut sumber daya dan memengaruhi kecepatan boot PC, terkadang secara signifikan.

Saya ingin memberi perhatian khusus pada uTorrent. Jika Anda memiliki banyak torrent dan program sedang dalam proses startup, maka Windows dapat memuat puluhan detik lebih lama!

Keputusan:

Ini logis dan sederhana - Anda perlu membuka pengaturan startup dan menghapus semua yang tidak perlu dan tidak perlu darinya. Secara umum, menurut saya, dalam startup Anda hanya membutuhkan program-program yang Anda gunakan secara mutlak setiap kali Anda menyalakan komputer Anda.

Untuk melihat startup di Windows 7 - tekan kombinasi tombol WIN + R, lalu masukkan perintah msconfig dan tekan Enter (contoh di bawah).

Konfigurasi sistem - msconfig

Selanjutnya, buka tab "Startup" dan hapus centang pada kotak di seberang aplikasi yang tidak Anda perlukan dalam pekerjaan konstan Anda.

Konfigurasi Sistem - Startup

Omong-omong, utilitas khusus dapat membantu memeriksa startup Windows dan menghapus program yang tidak perlu dari komputer. Salah satunya adalah CCleaner (contoh pada gambar di bawah). Cukup nyaman: untuk melihat daftar startup di CCleaner, Anda hanya perlu membuka menu "Service / Startup" .

? Tolong!

Pembersih Windows (termasuk startup).

CCleaner: Layanan - Memulai

*

Layanan: yang dapat dinonaktifkan

Deskripsi masalah:

Secara default, banyak layanan diaktifkan di Windows yang menggunakan RAM dan memengaruhi kinerja dengan satu atau lain cara (saya harus mencatat bahwa menonaktifkan layanan "tidak perlu" terutama terlihat pada PC berdaya rendah dengan sedikit RAM).

Misalnya, jika Anda tidak memiliki faks  - mengapa Anda memerlukan layanan ini berjalan, atau manajer cetak  - jika Anda tidak memiliki printer?

Keputusan:

Pengoptimalan dalam langkah ini adalah menonaktifkan layanan yang tidak secara khusus diperlukan di PC Anda. Untuk menonaktifkan layanan apa pun, Anda perlu membuka daftar mereka. Untuk melakukannya, tekan kombinasi tombol WIN + R , masukkan  services.msc , klik OK .

Cara membuka daftar layanan di Windows 7 // services.msc

Selanjutnya, pilih layanan dari daftar: deskripsinya muncul di sebelah kiri. Untuk menonaktifkan layanan - buka dengan mengklik dua kali tombol kiri mouse (dalam contoh saya, saya memilih pusat pembaruan ).

Jasa

Kemudian di kotak "Startup Type", pilih "Disabled", lalu klik tombol "Stop". Ini akan menghentikan layanan agar tidak berjalan dan tidak akan dimulai lagi.

Cara menghentikan dan menonaktifkan layanan

Penting!

Jangan nonaktifkan semua layanan secara berurutan, beberapa di antaranya diperlukan untuk pengoperasian sistem normal. Dalam kasus apapun, sebelum membuat perubahan, baca deskripsi layanan untuk melihat apakah artinya jelas. Secara umum, buat pos pemeriksaan (cadangan) - jika tiba-tiba ada sesuatu, dengan tenang putar kembali ...

Layanan mana yang "dapat" dinonaktifkan di Windows 7:

  • Windows CardSpace;
  • Pencarian Windows;
  • File offline;
  • Agen Perlindungan Akses Jaringan;
  • Kontrol kecerahan adaptif;
  • Pengarsipan Windows;
  • Pembantu IP;
  • Login sekunder;
  • Pengelompokan peserta jaringan;
  • Manajer Koneksi Otomatis Akses Jarak Jauh;
  • Remote Access Connection Manager (jika tidak ada VPN);
  • Manajer Identitas Peserta Jaringan;
  • Log dan peringatan kinerja;
  • Penyimpanan terlindungi;
  • Konfigurasi Server Desktop Jarak Jauh;
  • Kebijakan Penghapusan Kartu Cerdas;
  • Pendengar grup rumah;
  • Kolektor acara Windows;
  • Login jaringan;
  • Layanan Input PC Tablet;
  • Windows Image Download Service (WIA) (jika tidak ada pemindai atau kamera);
  • Layanan Penjadwal Windows Media Center
  • Kartu pintar;
  • Unit sistem diagnostik;
  • Host Layanan Diagnostik;
  • Fax;
  • Kinerja counter perpustakaan host;
  • Pusat Keamanan;
  • Pembaruan Windows (Saya sarankan untuk mematikannya sebentar. Dan memperbaruinya secara manual, karena dalam mode otomatis layanan ini sering membuat beban tinggi, yang membuat PC melambat)

*

Membersihkan sampah dari sistem

Deskripsi masalah:

Tidak peduli seberapa hati-hati Anda menggunakan Windows Anda, tetap saja, seiring waktu, sejumlah besar sampah terakumulasi di dalamnya: jejak lama di registri dari program yang sudah lama dihapus, file sementara yang tersisa dari penginstalan beberapa perangkat lunak, cache browser, dll. Semua file ini, ketika mereka menumpuk, mulai mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan.

Terkadang, pengguna mengakumulasi "sampah" semacam itu untuk beberapa puluh gigabyte!

Keputusan:

Dianjurkan untuk membersihkan Windows Anda dari "sampah" semacam itu beberapa kali sebulan. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih Windows standar atau utilitas pihak ketiga (saya merekomendasikan opsi kedua).

Agar tidak mengulangi di sini dan tidak menjelaskan bagaimana dan apa, saya sarankan Anda membaca instruksi saya (tautan diberikan tepat di bawah).

? Tolong!

Cara membersihkan komputer Anda dari sampah untuk mempercepat pekerjaan Anda.

*

Efek visual yang tidak perlu

Deskripsi masalah:

Windows 7, dibandingkan dengan Windows XP, telah menjadi lebih indah: efek, bayangan, Aero, dll. Tetapi semua ini mempengaruhi kecepatan komputer (sangat terlihat pada mesin yang lemah).

Masalah yang sama dapat dikaitkan dengan gadget (jendela kecil di desktop yang dapat memberi tahu Anda tentang cuaca, nilai tukar, dll.). Mereka hanya muncul di Windows 7 - dan semua orang mulai menggunakannya secara aktif. Sementara itu, mereka cukup menuntut sistem ...

Keputusan:

Sedangkan untuk gadget, cukup menutupnya, dan akan menghilang dari desktop (mereka akan berhenti menghabiskan sumber daya Anda). Juga nyaman untuk mengetahui cuaca dan nilai tukar yang sama di browser ...

Untuk efek visual, buka Panel Kontrol Windows di:

Panel Kontrol \ Sistem dan Keamanan \ Sistem

Kemudian di sebelah kiri klik link "Advanced system settings" .

Parameter sistem tambahan

Pada tab "Advanced", buka parameter performa (lihat layar di bawah).

Parameter kinerja

Di tab "Efek Visual", hapus centang pada kotak untuk efek yang tidak Anda perlukan. Untuk akselerasi sistem maksimum - setel penggeser ke posisi "Berikan kinerja terbaik". Kemudian simpan pengaturannya.

Berikan kinerja terbaik

Penampilannya mungkin agak menurun, tetapi sistem akan menjadi jauh lebih responsif.

*

Driver: apakah mereka baik-baik saja

Deskripsi masalah:

Sopir - sopir perselisihan! Banyak tergantung pada versi driver. Misalnya, driver yang diinstal di sistem bersama dengan Windows tidak selalu bekerja secara optimal (misalnya, kartu jaringan mungkin tidak berfungsi dengan semua kemampuannya (dengan kecepatan rendah), driver untuk kartu video tidak dapat dikonfigurasi sama sekali, dll.).

Selain itu, sistem Anda mungkin tidak memiliki driver yang diinstal sama sekali untuk beberapa peralatan (seperti pada gambar di bawah). Ngomong-ngomong, untuk melihat perangkat keras apa yang tidak memiliki driver - buka pengelola perangkat (pintasan keyboard Win + R, lalu masukkan perintah devmgmt.msc).

Tidak ada driver untuk: kartu video, pengontrol jaringan, pengontrol Ethernet, dll.

Keputusan:

  1. Pilihan terbaik adalah mengunduh driver dari situs web pabrikan komputer / laptop Anda. Anda juga dapat menggunakan disk driver yang disertakan dengan PC Anda saat membelinya (jika Anda menyimpannya ?). Jika Anda tidak mengetahui perangkat keras Anda, Anda dapat menggunakan utilitas untuk menentukan karakteristik PC Anda.
  2. Anda dapat menggunakan program untuk memperbarui driver secara otomatis. Saya memiliki beberapa artikel yang didedikasikan untuk mereka di situs saya, salah satu tautannya ada di depan Anda ...
  3. Jika memungkinkan: Saya sarankan untuk memeriksa beberapa versi driver sekaligus (terutama untuk kartu video). Seringkali terjadi bahwa pengemudi yang lebih tua bekerja lebih baik daripada yang baru.

*

Pengaturan daya

Deskripsi masalah:

Masalah ini biasa terjadi di notebook, netbook, dan gadget ringkas lainnya yang berjalan dengan daya baterai.

Faktanya adalah ada beberapa mode operasi: ekonomis (dengan mengorbankan kinerja, laptop menghemat energi untuk masa pakai baterai yang lebih lama), normal, dan kinerja tinggi.

Dan secara default, paling sering normal (seimbang), atau ekonomis ...

Keputusan:

Pertama, saya sarankan membuka panel kontrol di:

Panel Kontrol \ Perangkat Keras dan Suara \ Daya

Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa power plan. Atur ke mode seimbang atau mode kinerja tinggi.

Pemilihan paket daya // Windows 7

Untuk detail pengaturan daya: pertama, klik tautan "Pengaturan rencana daya" (berlawanan dengan mode daya yang dipilih), lalu di bagian bawah layar, buka tautan "Ubah pengaturan daya tambahan". Kemudian Anda dapat memperluas tab yang diperlukan dan mengonfigurasi setiap parameter secara terpisah.

Misalnya, Anda sering kali perlu menyesuaikan pengoperasian hard disk (mencegahnya berhenti), atau menyesuaikan kecerahan monitor (menghilangkan kemampuan beradaptasi), dll.

Pengaturan catu daya terperinci

Selain itu, parameter catu daya dapat diatur dalam utilitas khusus. Misalnya, ini ditemukan di laptop Sony, Acer, Lenovo, dll.

Sebagai aturan, Anda dapat membuka pengaturan mereka melalui asisten di baki, di sebelah jam (layar di bawah). Jika tidak ada yang seperti itu di baki, periksa Panel Kontrol Windows.

Manajemen energi

Manajer daya laptop Lenovo

*

Pengindeksan file

Deskripsi masalah:

Secara default, pengindeksan konten file diaktifkan di Windows 7 untuk pencarian lebih cepat (misalnya, masukkan frasa dari file teks, dan Windows akan menemukannya di disk Anda. Nyaman!).

Namun saya perhatikan bahwa fitur ini digunakan oleh 10% pengguna. Jadi jika Anda tidak membutuhkannya, tetapi memakan banyak sumber daya dari subsistem disk, mungkin itu harus dinonaktifkan?

Keputusan:

Untuk melakukan ini, buka "My Computer", pilih drive dan buka propertinya.

Properti disk

Selanjutnya, pada tab "Umum", hapus centang pada kotak "Izinkan pengindeksan konten file pada disk ini selain properti file". Klik OK, pengindeksan sekarang harus dinonaktifkan.

Izinkan Pengindeksan

*

Defragmentasi disk (hanya untuk HDD)

Deskripsi masalah:

Defragmentasi adalah proses realokasi file pada disk agar sesuai dengan area yang berdekatan (sehingga dapat dibaca dari disk lebih cepat).

Apa yang diberikan defragmentasi - representasi visual

Jika Anda mendefrag drive hard disk (HDD) secara teratur, maka kecepatan membaca dan menulis file akan sedikit lebih tinggi (terutama, sistem file FAT 32 rentan terhadap fragmentasi). Anda dapat membaca lebih lanjut tentang defragmentasi di Wikipedia.

Keputusan:

  1. Jalankan defragmenter disk bawaan di Windows 7. Untuk melakukan ini, cukup buka "Komputer Saya", buka properti disk yang diinginkan. Kemudian buka tab "Alat" dan klik tombol "Defragmentasi ...". Selanjutnya, sistem akan menganalisis disk untuk keperluan defragmentasi.

    Defragmentasi

  2. Pilihan yang lebih baik lagi adalah menginstal utilitas defragmentasi khusus. Anda dapat mengetahui tentang mereka di salah satu artikel saya sebelumnya.

*

Apakah saya perlu mematikan PC jika ada mode tidur

Deskripsi masalah:

Untuk beberapa alasan, banyak pengguna tidak menggunakan mode tidur, hibernasi, dan jenis lainnya dalam mengalihkan komputer / laptop ke mode konsumsi daya rendah. Mereka mematikan komputer sepenuhnya bahkan ketika mereka akan menyalakannya lagi setelah satu atau dua jam ...

Sementara itu, mode tidur memungkinkan Anda memulihkan pekerjaan dengan sangat cepat, dalam 1-2 detik. Berkat ini, Anda dapat menghemat sebagian kecil waktu Anda.

Keputusan:

Cukup tekan tombol MULAI, lalu pilih "Tidur" dari opsi mematikan (seperti pada gambar di bawah). Jika Anda tidak memiliki opsi ini, kemungkinan besar ada masalah dengan driver (saya menulis tentang ini di atas).

Menidurkan komputer Anda

Catatan : dalam pengaturan daya di panel kontrol Windows, Anda dapat mengonfigurasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengalihkan komputer ke mode tidur (contoh di bawah).

Menyiapkan rencana daya

*

PS 

Omong-omong, saya juga menyarankan Anda untuk membaca artikel di mana saya menganalisis alasan komputer melambat dalam berbagai situasi ...

*

Ini adalah beberapa tip sederhana untuk membantu membuat Windows 7 Anda lebih cepat dan lebih responsif (diuji lebih dari sekali di PC saya ?).

Semua yang terbaik!

?

Publikasi pertama: 06.11.2016

Koreksi: 01/03/2020