3 cara untuk mengubah MBR ke GPT dan sebaliknya tanpa kehilangan data

Selamat siang semuanya!

Kadang-kadang terjadi ketika Anda mencoba menginstal Windows di komputer Anda, Anda mungkin melihat kesalahan seperti: "Windows tidak dapat diinstal pada disk ini, karena disk menggunakan tabel partisi MBR. Dalam sistem Windows EFI, Anda hanya dapat menginstal ke disk GPT " . Atau mungkin saja sistem Anda tidak melihat disk yang lebih besar dari 2 TB.

Dalam kasus ini, Anda perlu mengonversi MBR ke tabel partisi GPT untuk memperbaiki masalah ini. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan cara, dalam artikel ini saya akan mempertimbangkan bagaimana ini dapat dilakukan tanpa kehilangan data (lihat metode 1 dan 2)!

Sebagai catatan tambahan!

Perbedaan antara MBR dan GPT. MBR mendukung partisi hingga 2 TB. Jika disk Anda, katakanlah, 4 TB (yang tidak lagi langka), maka saat menggunakan MBR - 2 TB pada disk tersebut akan terdaftar sebagai area yang tidak terisi (dan tidak akan digunakan).

Selain itu, PC modern memiliki versi BIOS yang diperbarui - UEFI, yang mendukung standar GPT. Anda bahkan tidak dapat menginstal Windows (omong-omong, penginstalan flash drive untuk standar ini juga perlu ditulis dengan cara yang sedikit berbeda - //ocomp.info/zagruzochnuyu-uefi-gpt-fleshku.html).

*

Bagaimana mengubah MBR ke GPT

Metode nomor 1: selangkah demi selangkah di AOMEI Partition Assistant Standard Edition

AOMEI Partition Assistant Standard Edition

Situs resmi: //www.aomeitech.com/aomei-partition-assistant.html

Program luar biasa dan gratis untuk bekerja dengan hard drive. Memungkinkan Anda untuk benar-benar mengubah sistem file, ukuran partisi, kloning, dll. Hanya dalam 2-3 klik. Selain itu, banyak operasi dilakukan tanpa kehilangan informasi (yang sangat kurang dalam alat bantu bawaan Windows).

Tambahan (dari 10.11.18): opsi untuk mengonversi MBR ke GPT di versi ke-7 program menjadi berbayar (di versi ke-6 gratis, dan di atasnya saya andalkan saat menulis artikel).

Saya tidak mempertimbangkan untuk mengunduh dan menginstal program - ini standar. Setelah memulai, di jendela utama program, Anda dapat segera mengetahui disk mana yang tersedia dalam sistem di GPT, dan mana di MBR (lihat gambar di bawah).

Jendela utama AOMEI Partition Assistant Standard Edition 6.6

Seperti yang Anda perhatikan, "Disk 3" Saya memiliki MBR dan saya mengonversi ke GPT.

Untuk melakukan ini, cukup klik kanan pada disk itu sendiri (yang langsung tertulis sebagai "Disk 3", lihat gambar di bawah), dan pilih "Ubah ke disk GPT" di menu yang muncul.

Ubah ke disk GPT

Selanjutnya, sebuah jendela akan muncul meminta konfirmasi - klik OK.

Saya yakin!

Setelah itu, di sudut kiri layar, Anda perlu mengkonfirmasi semua perintah yang kami berikan program di sesi saat ini: tekan tombol "Terapkan".

Menerapkan perubahan

Operasi saat ini membutuhkan booting ulang. Oleh karena itu, pertama-tama, simpan semua dokumen Anda yang terbuka, lalu klik tombol "Buka" di jendela program (lihat contoh di bawah).

Kami setuju untuk memulai kembali

Sentuhan terakhir: setuju untuk reboot ...

Nyalakan ulang

Setelah me-reboot perangkat, alih-alih memuat Windows, yang khusus akan diluncurkan. utilitas konversi (lihat contoh di bawah). Dalam beberapa detik, disk 1TB saya diubah menjadi GPT (sekali lagi, tidak ada kehilangan data).

Setelah me-reboot PC saya - disk saya diubah menjadi GPT dalam hitungan detik

Faktanya, itulah semua tindakan.

Tambahan!

Jika Anda ingin mengubah disk sistem (yaitu, disk tempat Anda menginstal Windows dan dari mana Anda saat ini boot), maka Anda akan gagal. Dalam kasus ini, ada dua opsi:

1) lepaskan disk dari PC / laptop, hubungkan ke perangkat lain dan lakukan operasi konversi;

2) buat flash drive USB yang dapat di-boot (dapat dilakukan di AOMEI Partition Assistant Standard yang sama), dan sudah di-boot dari itu untuk menjalankan operasi.

Jadikan Bootable CD Master

Metode nomor 2: menggunakan utilitas MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard

Situs web: //www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html

Program multifungsi untuk bekerja dengan hard drive. Memungkinkan Anda untuk membagi, memformat, mengubah ukuran partisi hard disk. Versi gratis dari program ini mendukung konversi dari MBR ke GPT (yang kami butuhkan).

Mungkin salah satu kelemahan signifikan bagi mayoritas adalah kurangnya bahasa Rusia.

Catatan: tangkapan layar dalam artikel dibuat dari versi 10.3.

Setelah memulai program, Anda akan diberikan daftar semua drive yang terhubung ke sistem (HDD, SSD, USB flash drive, dll.). Harap dicatat bahwa di samping nama disk, tabel partisi (MBR, GPT) ditunjukkan.

Untuk mengkonversi dari satu ke yang lain: cukup klik kanan pada disk yang diinginkan dan pilih "Convert MBR Disk ke GPT Disk" dari menu (contoh pada gambar di bawah).

MiniTool Partition Wizard

Selanjutnya, Anda harus menyetujui pelaksanaan operasi yang Anda tentukan. Untuk melakukan ini, di menu atas MiniTool Partition Wizard, klik pada kotak centang "Terapkan".

Terapkan (setuju)

Kemudian peringatan lain akan muncul, setelah mengonfirmasi operasi, disk akan dikonversi. Jika Anda mengonversi disk non-sistem (yaitu bukan disk yang Anda instal Windows), operasi memerlukan waktu 1-2 menit. (lihat gambar di bawah).

Disk telah diubah ke GPT

Metode nomor 3. Command Prompt atau Manajemen Disk

Penting!  Metode ini akan menghapus semua data Anda di disk!

Jika Anda menemukan kesalahan "Dalam sistem EFI, Windows hanya dapat diinstal ke disk GPT" saat menginstal Windows: lalu untuk membuka baris perintah, tekan kombinasi tombol Shift + F10 .

Dalam kasus lain, untuk memulai baris perintah, buka pengelola tugas (pintasan Ctrl + Shift + Esc) , klik "file / tugas baru" dan masukkan perintah CMD (centang kotak bahwa tugas harus dilakukan oleh administrator!).

Lebih lanjut:

  1. masukkan perintah  diskpart dan tekan Enter;

    diskpart

  2. masukkan disk daftar perintah dan tekan Enter. Jadi, kita akan melihat daftar disk di sistem. Harap dicatat bahwa di seberang setiap disk adalah nomornya, misalnya, "Disk 0" (nomor "0" akan diperlukan untuk operasi selanjutnya).

    daftar disk

  3. masukkan perintah  pilih disk 0 (misalnya!). Harap dicatat bahwa alih-alih "0" - Anda harus memasukkan nomor disk dari daftar yang kami panggil dengan perintah sebelumnya;

    pilih disk N

  4. masukkan perintah  clean dan tekan Enter (semua data dan partisi pada disk akan dihapus!);

    bersih

  5. ketik perintah  convert gpt  dan tekan Enter. Disk akan diubah ke format GPT (untuk mengubah ke MBR, masukkan perintah  convert mbr ).

    Mengubah

Windows juga memiliki alat bagus lainnya untuk bekerja dengan disk. Ini disebut hanya itu - manajemen disk .

Untuk membukanya, Anda membutuhkan:

  1. tekan kombinasi tombol Win + R ;
  2. masukkan perintah  diskmgmt.msc dan tekan Enter.

diskmgmt.msc - mulai manajemen disk

Untuk mengetahui partisi apa pada disk (MBR atau GPT), cukup klik kanan pada disk (di tempat yang bertuliskan "Disk 0", "Disk 1", dll., Lihat contoh di bawah) dan buka properti .

Properti disk

Selanjutnya, di tab "Volume", gaya bagian akan ditunjukkan:

  • "Tabel partisi dengan GUID ..." adalah GPT;
  • markup MBR akan ditunjukkan secara langsung.

Tabel GUID

Untuk mengubah MBR ke GPT - Anda harus terlebih dahulu menghapus semua partisi pada disk (penting! Saat menghapus partisi - Anda akan kehilangan semua data di disk!) . Jika bagian tersebut tidak dihapus, maka tombol "Ubah ke GPT" tidak akan aktif (seperti pada gambar di bawah).

Ubah ke disk GPT (agar fungsinya aktif, Anda harus menghapus semua partisi di disk!)

Cara menghapus volume pada disk (menghapus partisi)

*

Itu saja untukku hari ini.

Semoga berhasil!