Mouse tidak berfungsi di komputer atau laptop, apa yang harus saya lakukan? .. →

Pertanyaan dari pengguna.

Halo!

Saya memiliki mouse USB biasa yang terhubung ke laptop saya. Hari ini berhenti bekerja tanpa alasan. Saya mencoba untuk menghubungkan satu sama lain - masih tidak berfungsi (yang aneh, perangkat lain yang terhubung ke port USB berfungsi seperti yang diharapkan).

Beri tahu saya apa yang harus dilakukan untuk memulihkan kinerja mouse? Sekarang saya bekerja dengan touchpad, tidak nyaman seperti tanpa tangan ...

Selamat siang!

Secara umum, mouse berhenti bekerja (sama sekali) tidak terlalu sering: biasanya, klik dua kali pada tombol kiri atau kanan mouse, roda "melompat", atau penunjuk yang bergerak-gerak lebih merepotkan.

Namun demikian, dalam artikel ini saya akan mempertimbangkan semua penyebab utama dan memberikan rekomendasi tentang cara menghilangkannya. Ngomong-ngomong, saya tidak berpura-pura benar pada awalnya (yang sering saya tuduhkan).

? Catatan: Omong-omong, saya perhatikan bahwa banyak pengguna tidak dapat bekerja dengan keyboard tanpa mouse (mereka tidak bisa sama sekali!).

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan melanjutkan dari asumsi bahwa mouse Anda tidak berfungsi pada 100% (yaitu bahkan kursor tidak bergerak), dan saya juga akan memberikan tombol yang perlu Anda tekan pada keyboard untuk melakukan semua tindakan yang disarankan.

? Tolong! 

Omong-omong, jika Anda memiliki masalah dengan keyboard, saya sarankan membaca artikel ini.

*

Mengapa mouse tidak berfungsi: menghilangkan penyebabnya

Alasannya dicantumkan dalam urutan popularitas dan disajikan dalam bentuk pertanyaan. Masing-masing punya solusi dan penjelasan. Setelah melalui mereka dan mengikuti rekomendasinya, Anda pasti akan menghilangkan penyebabnya dan menghemat layanan master ...

? 1) Sudahkah Anda mereboot komputer / laptop Anda?

Tidak peduli seberapa lucu dan basi itu, rekomendasi pertama ketika masalah serupa muncul (dan banyak lagi, omong-omong) adalah mencoba memulai ulang komputer / laptop Anda. Ada kemungkinan kesalahan yang terjadi akan teratasi setelah reboot.

*

? 2) Apakah mouse dan port USB berfungsi?

Apa pun perusahaan dan pabrikan mouse itu (Logitech, A4tech, Oklick, Defender, dll.), Cepat atau lambat, perangkat keras apa pun akan mengembangkan masa pakainya.

Ngomong-ngomong, mouse sangat dipengaruhi (bukan dari sisi terbaik) oleh game komputer: semua jenis penembak, strategi, dll. lalu perangkat lunak tempat manipulator ini digunakan secara aktif.

Jadi, jika mouse tidak berfungsi setelah PC dihidupkan ulang, coba sambungkan ke perangkat lain: laptop, PC, dll. Tugas utama : memastikan semuanya sudah beres dengan mouse dan berfungsi

Mouse untuk pengujian terhubung ke laptop

Jika mouse berfungsi di komputer lain, maka hal kedua yang saya sarankan lakukan adalah memeriksa port USB yang Anda hubungkan.

Misalnya, sambungkan flash drive USB ke port ini: jika sudah ditentukan dan Anda dapat menggunakannya, kemungkinan besar semuanya sudah beres dengan port tersebut. Ngomong-ngomong, disarankan juga untuk mencoba menghubungkan mouse ke port USB yang berbeda.

? Tolong!

Port USB tidak berfungsi - apa yang harus dilakukan

? Catatan!

Banyak keyboard memiliki port USB tambahan yang banyak pengguna colokkan ke mouse mereka. Dan saya harus mencatat bahwa port ini sering kali berubah menjadi "buggy" (oleh karena itu, untuk diagnostik yang andal, hubungkan mouse ke port USB di bagian belakang unit sistem).

Jadi, jika semuanya sudah beres dengan mouse dan juga dengan port USB - mari kita lanjutkan ...

Meskipun, saya harus mencatat bahwa jika port USB dan mouse berfungsi, maka "kelumpuhan" mouse adalah fenomena yang sangat langka.

? 3) Apakah baterainya mati? (jika Anda memiliki mouse nirkabel)

Selain itu, alasan paling umum penolakan untuk bekerja adalah baterai yang mati pada mouse. Ini, tentu saja, berlaku untuk mouse nirkabel.

Oleh karena itu, pertama-tama, ganti baterai dengan yang baru, atau isi daya - dan coba gunakan kembali.

Baterai di mouse: apakah sudah mati? ☝

Perhatikan juga baterainya sendiri - terkadang dapat teroksidasi dan tertutup lapisan putih (lihat foto di bawah). Jika hal seperti ini terjadi, maka kemungkinan baterai yang teroksidasi ini telah merusak kontak di dalam mouse itu sendiri (dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain mengganti mouse ke yang baru).

Baterai teroksidasi

? 4) Jika Anda memiliki mouse PS / 2 - apakah Anda sudah mencoba menghubungkannya ke port USB?

Jika Anda memiliki mouse yang terhubung ke port PS / 2, coba hubungkan ke port USB menggunakan adaptor (untungnya, mereka sering datang dengan mouse itu sendiri).

Ngomong-ngomong, saya juga menyarankan untuk memperhatikan steker mouse seperti itu: steker PS / 2 menggunakan beberapa pin tipis yang mudah ditekuk jika Anda tidak memasukkan steker seperti itu dengan hati-hati ke port.

PS / 2 ke adaptor USB

Omong-omong, adaptor terbalik dari USB ke PS / 2 juga cukup populer - jika mouse USB bermasalah, Anda dapat menghubungkannya ke port PS / 2 (ngomong-ngomong, mereka juga melakukan ini untuk menyimpan port USB untuk hal-hal yang lebih "diperlukan").

Adaptor USB ke PS / 2

? 5) Apakah kursor Anda bergerak, tetapi terkadang berhenti, bergerak lambat, bergetar?

Masalah yang lebih umum dengan mouse adalah pembekuannya, ketika, saat membuka jendela (atau menutupnya, meminimalkannya), tiba-tiba ia membeku dan tidak bergerak. Ini terjadi, paling sering, karena:

  1. Anda mencoba untuk membuka / menutup jendela atau aplikasi yang digantung. Dalam kasus ini, PC mencoba mendapatkan respons dari aplikasi dan tidak merespons klik mouse Anda. Coba buka pengelola tugas: Tombol Ctrl + Shift + Esc  dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak merespons;
  2. Catatan : Untuk membatalkan tugas, gunakan TAB dan tombol panah (↑, ↓, →, ←) untuk memilih. Saat penunjuk berada pada tugas yang Anda perlukan: tekan kombinasi Shift + F10 (di laptop, Shift + Fn + F10 dimungkinkan), lalu pilih opsi "Akhiri tugas" dengan panah ↓ dan tekan Enter.

    Menghapus tugas / Windows 10

  3. mungkin mouse bergerak tersentak (atau pointer macet secara umum) ? karena beban CPU yang tinggi (bisa terjadi karena berbagai alasan);
  4. Selain itu, mouse mungkin membeku saat memasukkan berbagai CD, disket, menghubungkan hard drive (atau mencoba membaca file, membuka folder) - dalam hal ini, coba keluarkan disk CD / DVD dari drive, mouse akan langsung "hang". Ngomong-ngomong, ? jika ada masalah dengan hard drive - salah satu gejala pertama adalah mouse dan PC membeku saat mencoba membuka folder / file;
  5. jika Anda memiliki mouse gaming yang mewah (dengan tombol tambahan), maka driver biasanya selalu mendatangi mereka, dan karena alasan tertentu banyak yang tidak memasangnya. Sementara itu, ketiadaan ini saja dapat memengaruhi kerja mouse semacam itu;
  6. juga mouse mungkin berperilaku mencurigakan karena pengaturannya. Jika Anda memiliki mouse baru, atau Anda baru saja menginstal ulang Windows, saya sarankan Anda melihat terlebih dahulu pengaturan ini (lebih lanjut tentang itu di bawah ?).

? 6) Sudahkah Anda memeriksa pengaturan mouse?

Jadi, pertama-tama Anda perlu membuka ?  panel kontrol . Anda bisa melakukannya seperti ini:

  1. tekan kombinasi tombol  Win + R ;
  2. lalu masukkan perintah Kontrol di baris "Buka"  dan tekan Enter.

Panel Kontrol || Menangkan + R → Kontrol

Selanjutnya, gunakan panah, Enter dan TAB pada keyboard untuk membuka bagian:

Panel Kontrol \ Perangkat Keras dan Suara \ Perangkat dan Pencetak .

Kemudian letakkan penunjuk di atas perangkat Mouse (Mouse Kontrol USB atau yang serupa) dan tekan kombinasi tombol Shift + F10 (pada laptop dengan keyboard multimedia, tombol Shift + Fn + F10). Di jendela pop-up pilih "Mouse Options" .

Opsi mouse

Selanjutnya, buka bagian "Parameter penunjuk" , dan tentukan pengaturan berikut:

  • kecepatan gerakan mouse: atur dengan cara Anda sendiri;
  • Saya sarankan memberi tanda centang di depan item dengan akurasi panduan yang ditingkatkan;
  • Saya sarankan untuk menonaktifkan jejak penunjuk (jika tidak, itu mulai "riak" ke mata dari panah penunjuk);
  • parameter lain dapat dibiarkan sebagai default.

Parameter penunjuk

Sebagai tambahan, saya juga merekomendasikan untuk membuka bagian "Tombol Mouse" , "Roda" dan menyesuaikan mouse sendiri.

? Penting!

Jika Anda memiliki laptop, buka juga pengaturan touchpad - di perangkat saya ini adalah bagian "ELAN" (lihat tangkapan layar di atas).

Faktanya adalah bahwa dalam pengaturan panel sentuh mungkin ada kotak centang di mana mouse USB dinonaktifkan / diaktifkan (misalnya, jika panel sentuh diaktifkan, nonaktifkan mouse, atau sebaliknya).

? 7) Terkadang mouse mati (tidak bergerak sama sekali) dan kemudian berfungsi kembali seperti yang diharapkan?

Paling sering, "gejala" ini diamati dalam dua kasus:

  1. Anda mungkin memiliki masalah dengan kabel (konektor). Ketika semuanya beres dengannya - mouse berfungsi seperti yang diharapkan, saat kontak menghilang - mouse mati. Masalah serupa dapat diatasi baik dengan menyolder dan mengganti kabel (jika Anda memiliki pengalaman dan waktu), atau dengan mengganti mouse dengan yang baru;
  2. Pilihan lainnya adalah pemanfaatan CPU yang tinggi, di mana puncak bahkan mouse membeku. Mungkin juga ada masalah dengan hard disk (terutama jika kursor hang saat membuka folder atau file apa pun).

? 8) Sudahkah Anda mencoba Wisaya Pemecahan Masalah Windows?

Banyak pengguna (karena alasan tertentu?) Meremehkan wizard bawaan untuk menemukan, mendiagnosis, dan memecahkan masalah. Dalam beberapa kasus, ini akan memperbaiki masalah dengan cepat dan mudah. Saya sarankan untuk mencobanya.

Pertama buka Control Panel Windows (Win + R → Control). Selanjutnya, dengan menggunakan panah , tombol TAB pada keyboard, buka bagian:

Panel Kontrol \ Perangkat Keras dan Suara \ Perangkat dan Pencetak

Tempatkan pointer pada perangkat "mouse" dan tekan Shift + F10 (analog dengan tombol kanan mouse), pilih opsi "Troubleshoot" .

Mendiagnosis dan Mengatasi Masalah Mouse

Selanjutnya, wizard diagnostik dan pemecahan masalah harus dimulai. Dalam kasus saya, dengan mouse dinonaktifkan, butuh waktu sekitar 1 menit. waktu. Masalah telah diperbaiki, lihat tangkapan layar di bawah (perangkat USB mungkin berhenti merespons // Diperbaiki) .

Diagnostik selesai

? 9) Apakah ada kecelakaan atau konflik pengemudi?

Pengemudi adalah kepalanya!

Mereka juga dapat menyebabkan mouse gagal (misalnya, virus komputer mungkin telah mengenai mereka, atau Windows menginstal driver yang salah untuk mouse multimedia "rumit" Anda secara default).

Untuk memulai, saya sarankan membuka ? Device  Manager :

  1. tekan kombinasi tombol Win + R (relevan untuk Windows 7/8/10);
  2. kemudian masukkan perintah  devmgmt.msc dan klik OK .

Mulai Pengelola Perangkat - devmgmt.msc

Di Pengelola Perangkat, periksa tab Mouse dan Perangkat Penunjuk Lainnya dan tab Perangkat Lain untuk  melihat apakah ada perangkat dengan tanda seru kuning (contoh -  ).

Jika semuanya sudah beres, saya sarankan untuk memperbarui driver untuk mouse: untuk melakukan ini, letakkan penunjuk pada mouse Anda (TAB dan tombol panah pada keyboard), kemudian tekan Shift + F10 dan pilih "update driver ..." . Contohnya ada pada gambar di bawah.

Perbarui driver mouse

? Tolong!

Ngomong-ngomong, pengemudi dapat dicari dan diperbarui dalam mode otomatis. Untuk melakukan ini, saya sarankan menggunakan salah satu utilitas yang disajikan

*

Ngomong-ngomong, jika Anda memiliki mouse nirkabel , maka perhatikan juga driver Bluetooth (coba instal ulang driver ini). Juga, periksa apakah adaptor Bluetooth diaktifkan sama sekali.

? Tolong!

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop (asal: Bluetooth)

Misalnya, di Windows 10, untuk melakukan ini, buka opsi (melalui MULAI atau dengan mengklik Win + i), lalu pergi ke bagian "Perangkat" , tab "Bluetooth"  - ada tombol on / off. ?

Cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

? 10) Apakah PC / laptop Anda terinfeksi virus?

Nah, hal terakhir yang ingin saya bahas dalam artikel ini adalah virus. Virus tidak hanya dapat menginfeksi dan merusak file, memformat disk, mencuri informasi pribadi, tetapi juga memblokir berbagai perangkat, driver yang korup, dll. Dalam pandangan ini, terkadang infeksi virus menyebabkan operasi mouse tidak stabil ...

Berikut beberapa tip:

  1. Pertama, periksa komputer Anda dengan program antivirus modern. Saya berbicara tentang ini ? di salah satu artikel saya ->
  2. kedua, saya juga merekomendasikan penggunaan ? tip dari artikel ini (untuk menghapus virus "tak terlihat").

*

Ini menyimpulkan artikel tentang penyebab paling populer dari malfungsi dan masalah pada mouse.

Untuk tambahan pada topik - saya akan sangat berterima kasih.

Semoga berhasil!

?

Publikasi pertama: 02.04.2017

Koreksi: 01/30/2020