Memberikan kesalahan 651 saat menghubungkan ke Internet ... Ada solusinya!

Pertanyaan pengguna ...

Halo.

Baru-baru ini, Windows diinstal ulang di komputer (Windows 7 diubah menjadi Windows 10), dan sekarang muncul error 651 saat menghubungkan ke Internet.

Mereka menelepon penyedia - dia mengatakan bahwa semuanya beres dengan jaringan, tidak ada kegagalan atau kerusakan. Menawarkan layanan berbayar untuk menyiapkan jaringan. Mungkin kami melakukan kesalahan, dan Anda dapat mengkonfigurasinya sendiri?

Selamat siang.

Saat menyambung ke Internet menggunakan protokol PPPoE, kesalahan 651 tidak jarang terjadi (dan, sebagai aturan, sedikit bergantung pada penyedia tertentu, mereka menemukannya di Rostelecom, Dom.ru, Billine, dan lainnya).

Untuk beberapa alasan, bagi banyak pengguna, solusi untuk masalah ini cukup sederhana - menginstal ulang Windows ... ?

Sementara itu, menginstal ulang OS tidak selalu membantu menyelesaikan masalah seperti itu.

Pada artikel ini saya akan mencoba memberikan alasan paling dasar untuk kesalahan ini dan memberikan solusi untuk masing-masing ...

*

Penyebab error 651 dan solusinya

Mungkin saran pertama sangat sederhana - tetapi coba restart komputer Anda sebelum semua rekomendasi lain dari artikel ini ...

Contoh error 651 / modem atau perangkat komunikasi lain melaporkan error

1) Kesalahan / kegagalan pengaturan koneksi kecepatan tinggi

Tidak jarang kesalahan ini muncul setelah menginstal ulang Windows (atau setelah mengatur jaringan). Dalam beberapa kasus, kesalahan juga muncul di OS Windows "lama", di mana semuanya hanya berfungsi kemarin ... ☝

Hal pertama yang saya sarankan untuk dilakukan dalam kasus ini adalah membuat ulang koneksi berkecepatan tinggi. Ini dilakukan dengan cukup sederhana.

1) Pertama, buka Panel Kontrol Windows di:  Panel Kontrol \ Jaringan dan Internet \ Jaringan dan Pusat Berbagi (layar ditunjukkan di bawah) .

2) Kemudian hapus koneksi berkecepatan tinggi lama Anda (Perhatian! Koneksi menentukan kata sandi dan login untuk mengakses Internet - sebelum menghapus, periksa apakah Anda memiliki data ini. Mereka disediakan oleh penyedia).

? Tip!

Dalam beberapa kasus, Windows mungkin dapat memperbaiki masalah koneksi jaringan sendiri. Coba, sebelum membuat dan mengkonfigurasi koneksi baru, jalankan diagnosa jaringan (link "Troubleshooting", yang kedua pada gambar di bawah) .

3) Selanjutnya, buka tautan "Buat dan konfigurasikan koneksi atau jaringan baru" .

Buat koneksi jaringan baru

? Catatan!

Jika Anda menggunakan perute untuk menyambung ke Internet, Anda dapat melanjutkan ke rekomendasi berikutnya di artikel. Meskipun, dengan router, jarang melihat kesalahan seperti itu. Periksa apakah router dihidupkan, jika terhubung ke PC, apakah semuanya sesuai dengan kabel ...

4) Maka Anda perlu melakukan hal berikut:

  1. di jendela untuk memilih opsi koneksi, pilih opsi "Koneksi Internet. Menyiapkan koneksi internet broadband atau dial-up" ;
  2. di jendela "Bagaimana Anda ingin menghubungkan"  - pilih opsi "Kecepatan tinggi (dengan PPPoE). Koneksi melalui DSL atau kabel, membutuhkan nama pengguna atau kata sandi" ;
  3. di jendela berikutnya, Anda harus memasukkan kata sandi dan login untuk mengakses Internet (informasi ini harus disediakan oleh penyedia Internet Anda. Periksa kontrak untuk penyediaan layanan komunikasi dengannya) .

Buat kembali koneksi PPPoE kecepatan tinggi

5) Setelah membuat koneksi baru - coba sambungkan menggunakannya. Dalam banyak kasus, prosedur sederhana seperti itu memungkinkan Anda memulihkan kinerja jaringan dengan cepat.

2) Pengaturan Winsock rusak

Dalam beberapa kasus, konfigurasi yang salah dari kartu jaringan dan pengaturan jaringan (kadang-kadang virus atau worm, antivirus, program untuk melindungi informasi pribadi) dapat merusak pengaturan Winsock, yang pada gilirannya menyebabkan berbagai kesalahan terkait jaringan.

Banyak orang bertanya apa itu Winsock? Sederhananya, ini adalah sekumpulan fungsi yang diperlukan untuk mengimplementasikan aplikasi pada jaringan TCP / IP.

Kemungkinan masalah dengan kerusakan Winsock:

  1. komputer tidak dapat secara otomatis mendapatkan alamat IP;
  2. banyak layanan jaringan mulai dan berhenti;
  3. koneksi jaringan mungkin hilang;
  4. ada ping berdasarkan alamat, dengan nama - tidak ada ping;
  5. segala macam kesalahan mungkin muncul, termasuk kesalahan kami, 651 ...

Solusi: Anda perlu mengatur ulang pengaturan Winsock.

Bagaimana ini dilakukan:

  1. Pertama, Anda perlu menjalankan Command Prompt sebagai administrator. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuka pengelola tugas (tombol Ctrl + Shift + Esc), lalu klik tugas baru, dan masukkan perintah CMD , jangan lupa untuk mencentang kotak untuk memulai tugas dari administrator.

    Jalankan Command Prompt sebagai Administrator

  2. Kemudian masukkan perintah  netsh winsock reset dan tekan Enter. Sebagai tanggapan, terima pesan bahwa semuanya sudah selesai, komputer perlu restart. Kemudian restart PC Anda.

    Atur Ulang Pengaturan Winsock

3) Masalah dengan driver kartu jaringan

Jika Anda menghubungkan peralatan baru ke PC Anda (terutama yang terkait dengan jaringan), menginstal aplikasi apa pun, menginstal ulang OS, sangat mungkin terjadi konflik driver (baik, atau secara umum, tidak ada driver untuk kartu jaringan di sistem).

Untuk melihat apakah ada driver untuk adapter jaringan, buka Device Manager . Untuk melakukan ini, buka panel kontrol , lalu alihkan tampilan ke ikon besar dan buka manajer yang diinginkan.

Cara membuka Device Manager / misalnya Windows 10

Di Device Manager, klik tab Network Adapters and Other Devices (jika tersedia). Adaptor Anda harus ada di tab adapter jaringan (misalnya, saya memiliki Pengontrol Keluarga Realtek PCIe FE). Jika Anda tidak memiliki Ethernet (adaptor Nirkabel Wi-Fi) di tab ini, kemungkinan besar Anda tidak memiliki driver.

Dalam kasus ini, di tab "Perangkat lain" , Anda pasti memiliki perangkat yang tidak dikenal (lihat contoh pada tangkapan layar di bawah ?).

Tidak ada driver untuk adaptor jaringan Wi-Fi

Anda dapat mencoba memperbarui driver Anda tanpa keluar dari Device Manager. Untuk melakukan ini, klik kanan pada perangkat yang tidak dikenal, dan di menu konteks pop-up pilih "Perbarui driver ..." .

Perbarui Driver - Manajer Perangkat

Jika ini tidak berhasil untuk memperbarui driver, saya sarankan Anda membaca artikel di bawah ini (di dalamnya saya telah menjelaskan prosedur secara rinci: apa, bagaimana, dan mengapa ...).

? Tolong!

1) Cara menemukan dan memperbarui driver untuk perangkat yang tidak dikenal.

2) Memperbarui driver untuk adaptor Wi-Fi.

3) Cara menghapus driver (dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat menginstal driver baru sampai Anda menghapus yang lama).

4) Koneksi diblokir oleh antivirus (firewall)

Sayangnya, banyak antivirus dan firewall tidak selalu hanya melindungi kita - mereka sering membuat kesalahan dan masalah yang tidak perlu saat mencoba mengganggu di suatu tempat. Oleh karena itu, ketika error 651 muncul, saya sarankan (saat mencari dan menghilangkan penyebabnya) nonaktifkan antivirus (jika Anda sudah menginstalnya).

Nonaktifkan antivirus Avast selama 1 jam

Juga, jangan lupa bahwa Windows memiliki firewall / firewall internal sendiri. Secara default, ini diaktifkan dan berjalan. Ini juga perlu dinonaktifkan (sementara).

Cara membuka firewall di Windows:

  1. tekan WIN + R;
  2. masuk ke  firewall.cpl dan tekan Enter.

Cara membuka firewall

Kemudian klik tautan di sebelah kiri "Mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Firewall" , di jendela yang terbuka - untuk semua jaringan, pindahkan penggeser ke mode "Nonaktifkan Windows Firewall" .

Cara mematikan firewall

Kemudian simpan pengaturan dan coba sambungkan ke jaringan lagi. Mungkin tidak akan ada kesalahan 651 ...

5) Apakah komputer Anda terhubung ke jaringan kedua? Dua kartu jaringan ...

Dalam rumah tangga sering terjadi bahwa komputer tidak hanya memiliki satu, tetapi dua kartu jaringan. Satu digunakan untuk menyambung ke penyedia layanan Internet, dan yang lainnya digunakan untuk LAN rumah (misalnya, tersambung ke PC / laptop lain).

Secara umum, jika Anda memiliki dua kartu jaringan yang terpasang di komputer Anda, saya sarankan untuk menonaktifkan salah satunya.

Untuk melakukan ini, pertama buka koneksi jaringan . Untuk melakukan ini:

  1. tekan Win + R ;
  2. ketik ncpa.cpl dan tekan Enter.

Cara membuka koneksi jaringan ncpa.cpl

Selanjutnya, nonaktifkan SEMUA adapter jaringan yang akan ada di sana. Kemudian, hidupkan satu adaptor jaringan, yang melaluinya Anda memiliki koneksi PPPoE (yaitu adaptor yang menghubungkan kabel Internet).

Catatan: untuk mengaktifkan / menonaktifkan adaptor - cukup klik kanan padanya dan pilih tugas yang diperlukan di menu konteks.

Koneksi Jaringan - Memutuskan Satu Adaptor

Omong-omong, adaptor yang dinonaktifkan menjadi "tidak berwarna" dan statusnya "Nonaktif" (lihat contoh di bawah ?).

Seperti inilah tampilan adaptor yang dinonaktifkan

6) Satu detail lagi!

Periksa properti IP versi 4 (TCP IPv4) untuk adaptor yang melaluinya Anda tersambung ke ISP. Untuk melakukan ini, di tab koneksi jaringan (di mana kami sekarang telah menonaktifkan / mengaktifkan adaptor), buka properti adaptor yang diperlukan.

Selanjutnya, buka properti baris IP versi 4 (TCP IPv4)  - lihat panah 1 dan 2 pada gambar di bawah. Di properti, periksa dua parameter (jika berbeda di sana, ubahlah):

  1. Dapatkan alamat IP secara otomatis;
  2. Dapatkan alamat server DNS secara otomatis.

Properti IP Versi 4 (TCP IPv4)

Simpan pengaturan dan coba sambungkan kembali ke jaringan.

7) Kegagalan jaringan di ISP

Jika rekomendasi lainnya tidak membantu menyelesaikan masalah, saya sarankan untuk menghubungi penyedia Internet dan mengklarifikasi apakah mereka mengalami kegagalan, apakah semuanya sesuai dengan jaringan.

Sangatlah layak untuk "mencurigai" penyedia jika tidak ada yang terjadi di komputer Anda (baik menginstal aplikasi baru, atau menginstal ulang Windows, atau menghubungkan peralatan baru), dan jaringan tiba-tiba menghilang. Saat mencoba menyambungkan, kesalahan ini mulai muncul ...

8) Apa lagi yang bisa Anda lakukan

  1. OS macam apa? Perhatikan OS Windows Anda. Jika ini adalah rakitan dari semua jenis "pengrajin", saya sarankan Anda menggantinya dan menginstal ? salinan berlisensi (untungnya, sekarang gratis). Di majelis yang berbeda, bisa terjadi berbagai kesalahan;
  2. Jika Anda memiliki modem ADSL, periksa fungsinya;
  3. Jika router Wi-Fi digunakan, periksa apakah semuanya sudah beres. Mungkin ada baiknya mencoba menyambung melalui sambungan Wi-Fi (bukan yang berkabel), misalnya, dari telepon, dan periksa apakah jaringan berfungsi sama sekali, jika ada Internet. Saya juga merekomendasikan untuk mencoba memulai ulang router. Selain itu, dapatkah Anda ? memasuki pengaturan router?
  4. Apakah semuanya baik-baik saja dengan kabelnya? Sangat sering rusak saat furnitur dipindahkan. Juga, kabel bisa saja keluar dari jack, coba sambungkan kembali. Terkadang mereka digerogoti oleh hewan peliharaan: kucing, anjing;

    Kabel USB yang digerogoti

  5. Cobalah untuk mengembalikan Windows ke keadaan sebelumnya ketika semuanya bekerja;
  6. Tip terakhir: coba ? instal ulang Windows (meskipun saya bukan pendukung mengubah OS untuk setiap masalah, tetapi dalam kasus ini, jika semuanya tidak membantu, saya belum tahu harus menyarankan apa ...).

*

Itu saja, semoga sukses semuanya! 

Jika seseorang menyingkirkan 651 dengan cara yang berbeda - berikan tip di komentar ?

?

Publikasi pertama: 30/01/2017

Koreksi: 01/05/2020