Bagaimana memulihkan foto dari kartu memori MicroSD atau USB flash drive

Pertanyaan pengguna

Halo.

Hari ini saya tidak sengaja menghapus folder dengan foto liburan di ponsel saya (semuanya disimpan di kartu microSD). Saya mengeluarkan kartu memori dan menghubungkannya ke pembaca kartu komputer: Saya memeriksanya, ternyata tidak ada foto. Katakan padaku, apakah mungkin untuk memulihkan setidaknya sebagian dari foto? 

Halo.

Saya pikir kemungkinan besar ya. Seringkali, ketika kartu memori berhenti membaca sama sekali, dan ketika Anda menghubungkannya ke pembaca kartu: PC tidak melihatnya sama sekali (yang bahkan lebih buruk), atau Windows menyarankan untuk memformatnya.

Dengan penghapusan foto "sederhana", secara fisik foto juga ada di kartu memori (hanya ponsel yang menandai sektor ini sebagai tidak digunakan). ☝

Tetapi sektor-sektor ini dapat diisi dengan informasi lain: oleh karena itu, jika Anda mengambil foto baru di kartu ini (atau menulis sesuatu di atasnya), pemulihan mungkin menjadi tidak mungkin! Oleh karena itu, saya sangat menganjurkan agar Anda segera mengeluarkan kartu memori dari telepon, dan jangan menulis apa pun di dalamnya ! ?

Sekarang ada cukup banyak utilitas yang dapat memindai drive Anda sepenuhnya, terlepas dari apakah sektor tersebut ditandai bebas atau tidak.

Berkat ini, mereka akan menemukan semua data yang direkam di dalamnya, termasuk semua file yang dihapus (yang masih "hidup" dan dapat dipulihkan). Sebenarnya, di bawah artikel saya akan mempertimbangkan cara melakukan ini (saya akan menyusun artikel dalam bentuk instruksi, semua tindakan akan dilakukan dalam langkah-langkah).

*

Langkah demi langkah pemulihan foto

LANGKAH 1. Hubungkan kartu memori (flash drive) ke komputer / laptop

Saya rasa tidak banyak yang bisa dikomentari di sini. Jika Anda tidak memiliki pembaca kartu SD, maka sekarang ada perangkat universal kecil yang dijual yang terhubung ke port USB (lihat contoh di bawah). Mereka relatif murah.

? Suplemen!

Adaptor semacam itu dapat dibeli dengan sangat murah di toko online China (selain itu, mereka secara teratur mengadakan promosi, dan Anda dapat menggunakan cashback).

Kami menghubungkan flash drive ke port USB

Masukkan kartu SD ke pembaca kartu laptop

Penting!

Anda tidak perlu melakukan ini:

  1. jika, saat menghubungkan flash drive / kartu memori, Windows meminta Anda untuk memformat atau memeriksa, memperbaiki kesalahan - jangan setuju! Minimalkan atau tutup jendela ini;
  2. jangan salin apa pun ke drive ini (jika file hilang);
  3. jangan simpan file yang dapat dipulihkan ke kartu memori yang sama! Jika tidak, informasi baru yang direkam akan mulai menimpa data yang belum dipulihkan.

*

LANGKAH 2. Instal salah satu yang khusus. utilitas pemulihan data

Ada banyak utilitas seperti itu sekarang. Untuk kenalan awal, saya akan merekomendasikan memilih salah satu dari ini:  Recuva, R.Saver, Disk Drill, MiniTool Power Data Recovery .

? Komentar!

Anda dapat mengunduh dan menemukan penjelasan rinci tentang utilitas yang disajikan di salah satu artikel saya sebelumnya. Tautan dibawah.

10 program gratis untuk memulihkan data yang terhapus: file, dokumen, foto - //ocomp.info/10-programm-dlya-vosstanovleniya-dannyih.html

Misalnya, saya sangat terkesan dengan utilitas R.Saver. Sebenarnya, saya akan fokus pada artikel ini (screenshot dan contoh di bawah).

R.Saver

Situs resmi: //rlab.ru/tools/rsaver.html

Keuntungan utama:

  1. algoritme yang sangat baik memungkinkan pemindaian hard disk secara mendalam dan memulihkan bahkan informasi yang telah lama dihapus;
  2. sistem file FAT, FAT32, exFAT, NTFS, dll didukung;
  3. Mendukung banyak jenis drive: HDD, SSD, USB flash drive, kartu SD, dll .;
  4. utilitasnya gratis untuk audiens Rusia (untuk penggunaan non-komersial);
  5. mendukung bahasa Rusia;
  6. tidak perlu instalasi (cukup unduh dari run!).

*

LANGKAH 3. Pindai drive Anda

Jadi, saya akan menunjukkan semua tindakan di R.Saver. Setelah meluncurkan utilitas, baca informasi di jendela utama program, centang kotak dan klik tombol "Mari mulai" .

Peluncuran pertama, setuju // R.Saver

Kemudian tentukan drive tempat informasi yang diperlukan menghilang (telah dihapus). Dalam kasus saya, flash drive (Generic Flash Disk) akan ditunjukkan.

? Jika tiba-tiba flash drive / kartu memori tidak ditampilkan, saya sarankan Anda membiasakan diri dengan dua manual berikut:

1) Komputer tidak mengenali / tidak melihat kartu flash SD - //ocomp.info/kompyuter-ne-vidit-kartu-microsd.html

2) Mengapa komputer tidak melihat USB flash drive: 10 alasan utama - //ocomp.info/kompyuter-ne-vidit-fleshku.html

Memilih drive tempat file menghilang

Selanjutnya, program akan meminta Anda untuk menentukan bagian tertentu (jika Anda memiliki beberapa di antaranya). Namun, saya menyarankan Anda memindai seluruh drive dan cukup klik tombol "Abaikan" , seperti pada contoh di bawah ini.

Jika flash drive memiliki beberapa partisi ...

Sebenarnya, pemindaian berikutnya harus dimulai. Ini bisa sangat lama, semuanya tergantung pada kecepatan drive Anda, ukurannya. Saat ini, lebih baik tidak mengganggu utilitas, dan jangan menjalankan aplikasi pihak ketiga di PC.

Menganalisis konten repositori

*

LANGKAH 4. Pilih dan pulihkan data yang diperlukan

Saat pemindaian selesai, Anda akan melihat semua file yang tersedia untuk pemulihan yang ditemukan oleh program. Perhatikan bahwa dalam beberapa kasus bahkan dimungkinkan untuk memulihkan struktur folder!

Anda hanya perlu memilih folder yang ingin Anda lihat di sebelah kiri. Kemudian centang kotak yang ingin Anda pulihkan, dan klik tombol "Pulihkan yang Dipilih" (lihat nomor 3 dan 4 pada gambar di bawah) .

Perhatikan bahwa jika Anda tidak memerlukan semua file secara berurutan, Anda dapat memulihkan sesuatu yang spesifik secara manual: gunakan tombol "Simpan Sebagai" (lihat nomor 2 pada gambar di bawah).

Beberapa opsi pemulihan (dapat diklik)

Poin terakhir: tentukan lokasi untuk file yang akan dipulihkan.

Untuk berjaga-jaga, izinkan saya mengingatkan Anda: Anda tidak dapat memulihkannya ke drive flash USB / kartu memori yang sama dengan yang Anda pindai. Itu. pertama, pulihkan SEMUA file yang Anda perlukan ke hard drive Anda, lalu Anda dapat menulisnya kembali ke drive yang diinginkan.

Catatan: Faktanya adalah jika Anda segera memulihkan dan menyimpan informasi ke drive yang sama dengan yang Anda pindai, data yang dipulihkan akan menimpa yang belum dipulihkan (saya minta maaf untuk tautologi).

Memilih hard drive untuk pemulihan

*

 Itu saja untuk saat ini. Tambahan pada topik dipersilahkan ...

Selamat sembuh!

?

Pertama kali diterbitkan: 15.05.2018

Koreksi: 01/30/2020