Svchost.exe memuat prosesor, apa yang harus saya lakukan?

Pertanyaan pengguna

Selamat siang.

Saya telah menginstal Windows 7 di komputer saya, dan baru-baru ini komputer mulai melambat. Berdasarkan pengalaman, saya menemukan bahwa ia memuat prosesor 2-inti sebesar 50% -100% dari proses "svchost.exe" (setidaknya, ini ditampilkan di pengelola tugas).

Mencoba menyelesaikan proses ini, tetapi kesalahan muncul dan komputer memulai ulang. Apakah mungkin untuk menyelesaikannya sama sekali, dan bagaimana mengurangi beban darinya? Secara umum, untuk apa ini dan mengapa ia memuat begitu banyak sistem?

Terima kasih sebelumnya.

Dmitry, Arkhangelsk

Selamat siang.

Semua versi Windows yang populer (XP, Vista, 7, 8, 10) memiliki proses khusus ini  svchost.exe   (catatan: nama lengkapnya adalah Proses Host Generik untuk Layanan Win32).

Ini digunakan sebagai platform untuk pengoperasian berbagai layanan dan layanan (yaitu, proses sistemik murni yang tidak disarankan untuk "disentuh" ​​jika semuanya berfungsi untuk Anda dalam mode normal).

Jika Anda membuka Task Manager, Anda akan melihat bahwa ada beberapa baris dengan svchost.exe (yang tidak mengherankan, karena banyak layanan dan aplikasi selalu berjalan di Windows: Windows Defender, pembaruan OS, layanan font, dll.). Dan proses ini memuat CPU, paling sering, karena beberapa layanan yang mulai tidak berfungsi dengan benar.

Selain itu, perlu dicatat bahwa banyak virus yang menyamar sebagai proses sistem ini: jika ada banyak, maka tidak mudah bagi pengguna yang tidak siap untuk menentukan mana yang tidak nyata .

Jadi, pertimbangkan di bawah ini apa yang dapat dilakukan jika svchost.exe memuat sistem ...

*

Memecahkan masalah dengan svchost.exe

❶ 

? Tindakan satu - mulai ulang PC / laptop Anda

Tentu saja, sarannya dangkal, tetapi restart komputer yang tampaknya sederhana membantu memecahkan banyak masalah (termasuk yang ini ?). H.

Seringkali, ketika menghubungkan / melepaskan peralatan periferal, ketika layanan atau driver gagal, svchost.exe mulai membuat beban yang tidak perlu yang "menghilang" setelah PC direstart. Jadi, ayo coba!

*

❷ 

? Apakah itu virus yang menyamar sebagai svchost.exe? Memeriksa!

Seperti yang saya sebutkan di atas dalam artikel, sering kali banyak virus yang menyamar sebagai proses sistem ini. Membedakan proses svchost.exe yang sebenarnya dari virus tidak selalu mudah! ?

Tetapi sekarang kita akan menangani hal ini (sangat diharapkan untuk terlebih dahulu mengecualikan aktivitas virus, dan jika viral load yang tinggi tidak terkait dengan hal ini, kemudian lanjutkan untuk menyelesaikan masalah dengan layanan).

Pertama, buka Windows Task Manager (Ctrl + Shift + Esc atau Ctrl + Alt + Del).

Kemudian buka tab "Proses" , urutkan berdasarkan nama dan perhatikan dengan cermat: apa yang tertulis di seberang  svchost.exe di kolom "Pengguna" (gambar di bawah ini adalah untuk bantuan ?).

Task Manager (Windows 7) - Lihat Proses

? Penting!

Proses svchost.exe harus dijalankan oleh pengguna: LOKAL, LAYANAN JARINGAN, SISTEM (dalam bahasa Rusia: sistem).

Jika kolom "user" berisi sesuatu yang berbeda dari yang di atas, maka besar kemungkinan Anda berurusan dengan virus (adware, trojan, dll.).

? Saya ingin segera mencatat bahwa tidak selalu mungkin untuk "melihat" semua proses di pengelola tugas, dan tidak selalu mungkin untuk mengetahui mana yang "tidak nyata". Secara umum, jauh lebih efektif untuk menggunakan utilitas ? antivirus khusus  AVZ (Saya telah memujinya lebih dari sekali dalam artikel saya ...).

Setelah menjalankan utilitas AVZ (ngomong-ngomong, Anda tidak perlu menginstalnya), buka menu "Alat" dan buka  "Manajer Proses" .

Kemudian urutkan juga proses berdasarkan nama dan temukan semua svchost.exe . Harap dicatat bahwa utilitas menunjukkan SEMUA proses (itulah sebabnya ada begitu banyak proses).

? Penting!

Semua AVZ svchost.exe normal  menandai hijau. Selain itu, kolom "Deskripsi" akan menunjukkan bahwa ini adalah "Proses Host ...", "Produsen" - "Microsoft Corporation ...", "Jalur Lengkap" - "C: \ Windows \ System32 \ svchost32. exe ".

AVZ utilitas antivirus

Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, coba tutup proses ini, lalu pindai komputer Anda sepenuhnya dengan utilitas AVZ untuk mencari virus dan Trojan. Ini dilakukan dengan cukup sederhana:

  1. Pertama, pilih area pencarian Anda: rekomendasikan semua hard drive Anda;
  2. Kemudian Anda menentukan apa yang harus dilakukan dengan perangkat lunak virus yang ditemukan (catatan: hapus);
  3. sentuhan terakhir adalah menekan tombol "Start" (pengaturan lainnya dapat dibiarkan tidak berubah - AVZ adalah program yang cukup "pintar" dan pengaturan secara otomatis diatur ke optimal).

    Memindai virus di AVZ

? Tolong!

Antivirus terbaik untuk melindungi Windows - pilihan saya untuk tahun ini

*

? Layanan mana yang memuat host layanan?

Jadi, komputer diperiksa, tidak ada virus, mari kita lanjutkan ...

Buka pengelola tugas lagi (Ctrl + Shift + Esc) dan cari svchost.exe yang memuat prosesor. Setelah menemukannya, klik kanan padanya dan buka tautan "Buka layanan" (lihat gambar di bawah ?).

Pergi ke layanan

Ini akan menunjukkan kepada Anda SEMUA layanan yang terkait dengan proses svchost yang menggunakan CPU.

Sekarang tutup layanan ini satu per satu, tergantung pada beban pada prosesor. Segera setelah turun - Anda telah menemukan layanan yang bertanggung jawab atas bebannya!

? Penting!

Dalam proses menutup beberapa layanan, Windows Anda mungkin akan melakukan boot ulang. Oleh karena itu, lebih baik diingat bahwa Anda telah mencoba untuk menutup (sehingga lain kali Anda menutup layanan lain yang terkait dengan proses ini).

Hentikan layanan

Ketika ditemukan layanan yang memiliki beban tinggi - apa yang harus dilakukan?

Ini adalah pertanyaan yang umum dan sulit. Faktanya adalah ada banyak layanan yang dapat menyebabkan beban tinggi. Tidak realistis untuk memberikan nasihat universal (atau memberikan semua pilihan yang mungkin)!

Jika layanan kecil yang dapat dengan mudah Anda lakukan tanpanya menyebabkan kegagalan, nonaktifkan saja (misalnya, layanan Superfetch sering kali menjadi masalah).

Jika Anda benar-benar membutuhkan layanan (misalnya, ini terkait dengan peralatan audio dan video, adaptor jaringan, dll.), Maka coba ganti driver dengan perangkat keras (perbarui atau sebaliknya, instal yang lebih lama).

? Tolong!

Utilitas untuk memperbarui dan mencari driver

*

? Nonaktifkan pusat pembaruan, Superfetch (dan layanan lainnya)

Sangat sering, penyebab di balik beban tinggi dari file svchost adalah layanan "Pusat Pembaruan" dan "Superfetch"   (oleh karena itu, dengan masalah ini, saya sarankan untuk mematikannya, setidaknya untuk sementara waktu untuk pengujian).

Untuk menonaktifkannya, Anda harus membuka tab "Layanan" .

Penting! Saya sarankan mematikan pembaruan otomatis dalam kasus ini, tetapi saya tidak menyarankan untuk tidak memperbarui Windows sama sekali. Lakukan saja dari waktu ke waktu dalam mode manual ...

Cara membuka layanan (cara umum):

  1. tekan kombinasi tombol Win + R;
  2. masukkan perintah services.msc dan tekan Enter.

Cara membuka layanan // Windows 7, 8, 10

Selanjutnya, temukan yang ingin Anda nonaktifkan dalam daftar layanan dan buka (catatan: klik kiri dua kali pada mouse).

Layanan - Pembaruan Windows

Di kolom "Startup type", masukkan "Disabled" , dan di blok "Status", klik tombol "Stop" .

Semua! Layanan sekarang dinonaktifkan dan tidak akan dimulai lagi!

Nonaktifkan layanan

? Penting!

Hati-hati jangan sampai mematikan semuanya. Dalam beberapa kasus, pengguna sangat ketagihan untuk menonaktifkan layanan sehingga nantinya mereka tidak dapat memulihkan Windows mereka untuk berfungsi.

*

? Kembalikan sistem beberapa hari / minggu yang lalu

Jika beban tinggi pada prosesor muncul belum lama ini, dan ada pos pemeriksaan pemulihan, maka Anda dapat mencoba memulai pemulihan Windows dan mengembalikannya ke keadaan sehat.

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak pengguna meremehkan metode ini, metode ini sangat efektif dan membantu menyelesaikan banyak masalah.

Cara memulai pemulihan sistem:

  1. tekan tombol Win + R;
  2. masukkan perintah  rstrui dan tekan Enter;
  3. kemudian pilih titik pemulihan dan putar kembali sistem.

    Nasib buruk! Seseorang menonaktifkan pemulihan ...

? Tolong!

Anda dapat mempelajari selengkapnya tentang memulihkan Windows (dan analisis semua pertanyaan umum) dari artikel ini.

*

? Menghapus Folder Prefetch

Ada cara lain yang membantu beberapa orang untuk memecahkan masalah dengan svchost ...

1) Anda perlu mencari folder Prefetch (catatan: pada drive sistem "C: \ Windows") dan menghapusnya.

2) Kemudian temukan folder Tasks (terletak di jalur ini "C: \ Windows \ System32"), buka dan hapus semua file darinya.

3) Setelah prosedur ini, mulai ulang komputer Anda.

Catatan: metode ini kontroversial, gunakan dengan risiko dan risiko Anda sendiri. 

*

Penambahan dalam komentar dipersilakan ...

Semoga berhasil!

?

Publikasi pertama: 08/03/2017

Koreksi: 01/30/2020