Matrix IPS, TN (TN + film) atau PLS: matriks mana yang harus dipilih monitor?

Pertanyaan pengguna

Halo.

Saya mau beli laptop tapi tidak tahu yang mana which. Semua pengguna melihat prosesor, memori - tetapi saya di monitor, saya tidak tahu harus berhenti dari mana. Pada dasarnya, DNS menawarkan dua jenis matriks: TN + Film atau IPS (laptop dengan matriks IPS 2 kali lebih mahal). Mana yang lebih baik untuk dipilih?

Waktu yang baik semuanya!

Secara umum, sebagian besar pengguna yang tidak berpengalaman kemungkinan tidak akan dapat melihat perbedaan kualitas gambar pada monitor (dan banyak yang bahkan tidak memikirkannya), jika mereka tidak menampilkan monitor ini bersama-sama dengan gambar yang sama. Lebih baik lagi, putar mereka ke arah yang berbeda - lalu ... ya, efek bom yang meledak!

Tetapi secara umum, sekarang dijual ada monitor dengan berbagai jenis matriks, paling sering ada tiga di antaranya: TN (dan varietas seperti TN + Film), IPS (AH-IPS, IPS-ADS, dan lainnya) dan PLS.

Jadi saya akan mencoba membandingkannya dalam artikel kecil ini dari sudut pandang pengguna biasa (istilah ilmiah yang berbeda, seperti sudut warna piksel, pembiasan sinar - tidak akan ada ☺). Begitu...

*

Perbandingan matriks PLS, TN (TN + Film) dan IPS

Dalam artikel ini saya akan mencoba menunjukkan keuntungan / kerugian utama dari setiap matriks, saya akan memberikan beberapa foto monitor yang berdekatan sehingga Anda dapat menilai kualitas gambar secara visual. Saya rasa ini akan membuat informasi lebih dapat diakses oleh sebagian besar pengguna.

Penting!

Saya ingin segera mencatat bahwa selain matriks, perhatikan produsen monitor!

Matriks-matriks berbeda, dan bahkan dua monitor pada matriks TN dapat menunjukkan gambaran yang berbeda!

Saya sarankan Anda pertama-tama memperhatikan merek tepercaya: Dell, Samsung, Acer, Sony, Philips, LG (yang sudah terbukti sendiri).

Jadi, mari kita mulai dengan matriks TN paling populer (dan versi TN + Film yang sering ditemui, pada umumnya, tidak jauh berbeda darinya).

*

Matriks TN

Jika Anda pergi ke toko perangkat keras komputer mana pun dan melihat karakteristik laptop (atau monitor), maka sebagian besar perangkat murah dan harga menengah memiliki matriks TN.

Ini memiliki salah satu keuntungan utama - cukup murah, sekaligus memberikan (secara keseluruhan) gambar yang sangat bagus!

Film IPS vs TN + membuat perbedaan! // Di sisi lain, Anda tidak duduk di depan laptop di samping (bahkan mungkin lebih baik - tidak ada orang dari luar yang akan melihat apa yang Anda lakukan!)

Keuntungan utama dari matriks TN:

  1. salah satu matriks termurah (berkat ini, banyak yang mampu membeli laptop / monitor);
  2. waktu respons singkat: adegan dinamis apa pun dalam game atau film terlihat bagus dan mulus (jika waktu respons monitor tidak mencukupi, adegan seperti itu dapat "mengambang", lihat contoh di bawah). Pada monitor dengan matriks TN - ini, kemungkinan besar, tidak akan terjadi, tk. bahkan model yang murah memiliki waktu respons 6 ms dan di bawahnya (jika waktu respons lebih dari 7-9 ms, maka di banyak game / film Anda akan mengalami ketidaknyamanan dalam adegan yang tajam dan cepat).
  3. tidak ada orang dari luar yang mengerti gambar Anda: bagi yang melihat dari samping atau dari atas, menjadi pudar dan sulit membedakan warna di atasnya (contoh pada foto di atas dan di bawah ☺).

IPS vs TN (tablet dan laptop, untuk perbandingan). Tampak atas dari gambar yang sama!

Matriks IPS (permukaan layar glossy) versus matriks TN (permukaan layar matte). Gambar yang sama

Waktu respons pada contoh siaran olahraga: di kiri - 9 md, di kanan - 5 md (saat menonton tampaknya tidak mencolok, tetapi jika Anda mengambil gambar dari monitor yang berdekatan, maka perbedaannya masih terlihat!)

Kekurangan:

  1. Anda harus duduk dengan benar dan melihat langsung tegak lurus ke monitor: jika Anda berbaring sedikit di kursi berlengan saat menonton film (misalnya), gambar menjadi kurang berwarna dan sulit dibaca;
  2. rendering warna rendah: jika Anda bekerja dengan foto (dan memang dengan grafik), maka Anda akan melihat bahwa beberapa warna tidak begitu cerah, dan terlihat lebih baik di monitor lain;
  3. probabilitas munculnya piksel mati pada matriks jenis ini lebih tinggi (piksel mati adalah titik putih pada layar yang tidak mengirimkan gambar: yaitu, tidak bersinar dengan cara apa pun. Biasanya hanya berupa titik putih di layar).

2 laptop dengan matriks berbeda

Kesimpulan : jika Anda menyukai film dinamis dan permainan komputer (penembak, balapan, dll.), Maka matriks Film TN + adalah pilihan yang sangat baik. Selain itu, jika Anda banyak membaca, maka cahaya yang kurang terang dari monitor memiliki efek yang lebih positif pada mata Anda, mereka tidak cepat lelah.

Bagi mereka yang bekerja dengan grafik (mengambil banyak foto, mengedit foto dan gambar) - monitor dengan matriks TN bukanlah pilihan yang baik karena rendering warnanya yang lebih rendah.

Penting!

Ngomong-ngomong, banyak pengguna (yang banyak bekerja dan untuk waktu yang lama di PC), seperti saya, perhatikan bahwa gambar yang cerah dan menarik tidak selalu memiliki efek positif pada mata. Beberapa orang secara khusus membeli monitor dengan matriks TN, karena mata tidak terlalu lelah karenanya.

Dan, saya pikir, ada sedikit kebenaran dalam hal ini (saya telah bekerja untuk IPS dan TN untuk waktu yang lama - dan sekarang saya sampai pada kesimpulan bahwa saya bekerja dengan monitor matte dengan matriks TN). Secara umum, saya mengutarakan pendapat saya tentang masalah mata lelah dalam artikel ini: //ocomp.info/ustayut-glaza-pri-rabote-za-pc.html

PS: Saya benar-benar bukan seorang desainer, dan saya tidak banyak bekerja dengan foto dan ilustrasi yang cerah, jadi itu bukan kebenaran tertinggi ☺.

*

IPS dan PLS

Matriks IPS dikembangkan oleh Hitachi, dan membedakannya dari TN, pertama-tama, rendering warna yang lebih baik. Benar, saya ingin segera mencatat bahwa harga produksi telah meningkat secara signifikan, jadi monitor berdasarkan matriks ini beberapa kali lebih mahal daripada yang ada di TN.

Adapun PLS, ini merupakan pengembangan Samsung sebagai alternatif dari IPS. Dan perlu dicatat bahwa perkembangannya sangat, sangat menarik: kecerahan dan penampakan warna di atasnya (menurut saya) bahkan lebih tinggi daripada di IPS (lihat foto di bawah).

Matriks IPS vs PLS

Selain itu, monitor pada matriks PLS memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan TN atau IPS yang sama (sekitar 10%), yang dapat menjadi sangat penting ketika perangkat menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Matriks PLS dan IPS memiliki sudut pandang yang baik: gambar tidak berubah dan kecerahan serta rona warnanya tidak hilang, bahkan jika Anda berdiri pada sudut 170 derajat (yang berarti setiap orang yang duduk di sisi kanan / kiri / tengah monitor akan lihat gambar berkualitas tinggi yang sama).

IPS vs PLS - satu foto lagi

Perlu juga ditambahkan bahwa matriks PLS memungkinkan Anda mencapai waktu respons yang singkat, hampir sama seperti pada matriks TN. Tetapi ketika memilih matriks IPS, Anda harus sangat berhati-hati tentang parameter ini: Tidak semua monitor memiliki waktu respons 6 ms atau kurang (meskipun saya sudah dipandu oleh 5 atau kurang ☺).

Jika Anda sering menghabiskan waktu dengan adegan dinamis dalam game, monitor murah dengan waktu respons tinggi pada matriks IPS kemungkinan besar bukan pilihan terbaik.

Sedangkan untuk IPS, ini memiliki banyak variasi (saya akan berikan beberapa di sini, tapi tidak hanya itu ☺):

  1. S-IPS (atau Super IPS) - variasi ini dengan waktu respons yang ditingkatkan;
  2. AS-IPS - dengan kontras dan kecerahan yang ditingkatkan;
  3. H-IPS - warna putih yang lebih natural dan natural;
  4. P-IPS - peningkatan jumlah warna (dianggap sebagai salah satu monitor terbaik dalam hal akurasi dan kualitas gambar);
  5. AH-IPS - mirip dengan P-IPS, dengan sudut pandang yang lebih baik dan beberapa corak yang lebih natural (sebenarnya tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, kecuali untuk harga yang lebih tinggi);
  6. E-IPS adalah jenis matriks IPS yang murah, biasanya ditemukan pada perangkat yang relatif murah. Namun, bahkan jenis matriks ini mengungguli sebagian besar Film TN +.

*

PS

Ngomong-ngomong, saat membeli monitor, pastikan untuk memperhatikan jenis permukaannya, ada: matte dan glossy.

Matte - bagus karena tidak menunjukkan pantulan dan silau Anda, tetapi tidak secerah dan tidak terlalu "menarik" untuk menyampaikan gambar seperti gambar yang mengkilap. Jika Anda sering bekerja di jalan atau ruangan yang sering diterangi matahari, maka perhatikan lebih dekat permukaan matte (atau sejenisnya: anti-glare).

? Tolong!

Apakah permukaan glossy atau matte lebih baik? Tips memilih monitor

*

Itu saja, untuk tambahan pada topik - terima kasih khusus ...

Semoga harimu menyenangkan!

?

Pertama kali diterbitkan: 15.12.2017

Koreksi: 02/10/2020